Employee Benefit di Perusahaan Bisa Tekan Retensi dan Turnover Karyawan

Employee Benefit di Perusahaan Bisa Tekan Retensi dan Turnover Karyawan

Penting bagi perusahaan untuk menyesuaikan strategi human resources (HR) dengan perkembangan zaman. Dengan kenyataan bahwa hampir semua orang sekarang terhubung dengan teknologi, perusahaan harus memahami cara menggunakan teknologi untuk menciptakan dampak positif di tempat kerja.

Employee Benefit Leader Fuse Wendi Bimo Cahyo mengatakan, program kesejahteraan karyawan atau lebih dikenal dengan istilah employee benefit memainkan peran kunci untuk mendukung kesehatan fisik dan mental, pengembangan karier, dan retensi karyawan.

“Bagi karyawan, employee benefit terutama manfaat asuransi menjadi prioritas, sebagai bentuk mitigasi risiko atas masalah kesehatan dan keuangan yang mungkin timbul di kemudian hari,” kata Wendi dalam diskusi bertema “HR Landscape 2023: People & Technology Transformation Strategy to Create Positive Impact” yang diselenggarakan oleh Fuse Insurtech.

Baca juga: Menaker: Empat Tantangan dalam Penurunan Pengangguran di Indonesia

Bagi perusahaan, tambahnya, manfaat asuransi merupakan investasi jangka panjang untuk mendukung dan melindungi karyawan. Manfaat asuransi yang kompetitif akan meningkat loyalitas karyawan kepada perusahaan. 

Wendi menjelaskan, setidaknya ada empat alasan penting untuk memiliki employee benefit bagi perusahaan:

1. Meningkatkan Komitmen Karyawan terhadap Perusahaan

Ada sebuah istilah yang dikenal dengan sebutan continuance commitment, yang diartikan keinginan dari karyawan untuk tetap bertahan di perusahaan karena enggan meninggalkan benefit yang diberikan oleh perusahaan. Artinya, semakin memadai benefit yang diberikan, komitmen yang diberikan karyawan pun juga akan meningkat.

2. Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Karyawan

Employee benefit melindungi karyawan dan keluarganya, yang memberi mereka rasa aman. Dengan begitu, kinerja dan produktivitas karyawan meningkat, karena ada rasa aman di dalam diri karyawan saat mereka menjadi bagian dari perusahaan yang menyadari pentingnya kesehatan karyawan dan keluarganya.

Baca juga: Kena PHK, Ini Rincian Aturan Pesangon di Perppu Cipta Kerja

3. Menjadi Daya Pikat bagi Karyawan Bertalenta

Setiap perusahaan berusaha untuk merekrut karyawan bertalenta. Program employee benefit yang menarik dapat menjadi sesuatu yang akan dipertimbangkan oleh calon karyawan bertalenta ketika mereka memilih tempat kerja baru.

4. Mengurangi Anggaran Rekrutmen Karyawan Baru

Perusahaan yang memiliki tingkat turnover yang tinggi akan mengeluarkan biaya rekrutmen yang lebih tinggi. Dengan memberikan manfaat karyawan yang lebih baik kepada karyawan, yang meningkatkan loyalitas mereka, akan mengurangi biaya rekrutmen dalam jangka panjang.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 24, 2023, 8:30 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.