Insurtech Sunday Siap Garap Asuransi Kendaraan Listrik

Insurtech Sunday Siap Garap Asuransi Kendaraan Listrik

Tren kendaraan listrik di Indonesia membuka peluang baru di bisnis asuransi. Perusahaan insurtech full-stack Sunday Ins Indonesia (Sunday) menangkap peluang tersebut dengan berencana meluncurkan asuransi kendaraan listrik.

Co-Founder & Chief Executive Officer Sunday Ins Co., Ltd Cindy Kua mengatakan, adanya asuransi untuk kendaraan listrik memperkaya jenis produk asuransi dan membuat premi asuransi kendaraan listrik lebih kompetitif.

Baca juga: Survei: Ada Kesenjangan Aspirasi dan Persiapan Masyarakat dalam Melindungi Masa Depan

Cindy mengakui tentu ada perbedaan antara asuransi kendaraan konvensional yang ada saat ini dengan asuransi kendaraan mobil listrik. Pasalnya, harga komponen kendaraan listrik masih terbilang mahal. Ini juga yang bisa menjadi faktor premi asuransi kendaraan listrik menjadi lebih mahal.

“Harga kompenennya cukup mahal. 50 persen harga kendaraan listrik adalah harga komponennya seperti baterai. Kalau terjadi sesuatu dengan baterai, ya loss. Ini yang membuat premi kendaraan listrik bisa lebih mahal,” kata Cindy dalam media luncheon di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Survei OJK: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 Meningkat

Untuk itu, Sunday Ins Indonesia akan bekerja sama dengan akan bekerja sama dengan mitra bengkel yang mumpuni bukan hanya dalam pebaikan kendaraannya tapi juga kelistrikan nya. “(Nanti) akan ada di aplikasi Jolly Apps, semua kemudahan dan kebutuhan pengendara kendaraan listrik ada di aplikasi ini,” tambah Cindy.

Chief BD & Partnership Officer Sunday Ins Indonesia Vinia L. Erwin menjelaskan, pihaknya tengah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan oleh pemilik kendaraan listrik agar ketika produk diluncurkan semuanya sudah sesuai dengan  ekspektasi konsumen di Indonesia

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Masyarakat Indonesia Wajib Miliki Asuransi

“Kami memiliki big data yang mampu melihat kebutuhan konsumen di segmen asuransi kendaraan. Saat ini kami sedang mempersiapkan semua. Tahun ini kami masih akan fokus pada kesehatan. Mungkin kami akan mulai (fokus) ke kendaraan listrik pada 2024 nanti,” tambah Vinia.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 3, 2022, 8:16 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.