Kini Nasabah Bank DKI Bisa Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjalin kerja sama dengan PT Bank DKI dalam rangka memanfaatkan jaringan ATM setor dan tarik tunai (Cash Recycling Machine/CRM) BCA untuk memenuhi kebutuhan setor tarik tunai tanpa kartu nasabah Bank DKI.

Dengan kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat melakukan setoran dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA di manapun dalam waktu dekat. Kerja sama tersebut ditandai dengan seremoni penandatangan kesepakatan yang dilakukan Direktur BCA Santoso dan Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono di Jakarta

Santoso mengatakan kebutuhan untuk setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM masih terbilang tinggi karena tidak semua transaksi dilakukan secara digital. Selain memberikan layanan kepada nasabah BCA, jaringan ATM BCA dapat juga dimanfaatkan oleh bank atau institusi keuangan lain sesuai dengan ketersediaan fitur, layanan, dan kebutuhan.  

Baca juga: Bank Indonesia Naikkan BI7DRR 50 Bps Jadi 4,25℅

“Dengan adanya kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat memanfaatkan 16.839 jaringan ATM BCA yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara untuk melakukan setoran dan penarikan dana tunai sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Santoso.

Santoso menambahkan, kolaborasi antara BCA dan Bank DKI menjadi salah satu perwujudan ekosistem layanan antar bank sesuai kebutuhan masing-masing pihak. Dengan saling melengkapi, baik BCA maupun Bank DKI menerima benefit dari efektivitas operasional sekaligus menawarkan opsi layanan terbaik kepada masing-masing nasabah. 

Seperti diketahui, BCA memiliki dua jenis ATM, yaitu ATM Tarik Tunai dan ATM Multi fungsi. Sesuai dengan jenisnya, layanan setor tunai tanpa kartu hanya dapat dilakukan pada ATM jenis multifungsi, sedangkan layanan tarik tunai tanpa kartu dapat dilakukan melalui ATM Tarik Tunai dan Multi fungsi.

Baca juga: BRI Imbau Nasabah Waspada Link Palsu Kenaikan Tarif Transaksi

ATM setor dan tarik tunai dapat menerima denominasi uang pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu, dengan jumlah setoran maksimal 100 lembar. Dengan layanan setor tunai, saldo nasabah otomatis akan langsung efektif. 

Sementara itu, Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono menyampaikan, melalui layanan mobile cash, dalam waktu dekat ini nasabah Bank DKI dapat melakukan transaksi tarik dan setor tunai tanpa menggunakan kartu ATM melalui aplikasi JakOne Mobile.

“Implementasi Layanan digital mobile cash melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI tersebut juga merupakan perwujudan dari transformasi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh Bank DKI. Ini adalah langkah adaptif kami (Bank DKI) dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola perilaku nasabah yang semakin bergerak ke arah digital,” ucapnya.

Baca juga: Inflasi September 2022 Sentuh 1,17% Dampak Kenaikan Harga BBM

Amirul juga mengajak masyarakat untuk dapat bertransaksi menggunakan super app JakOne Mobile yang kini telah hadir versi terbaru yang lebih intuitif dan fitur tampilan UI/UX yang lebih menarik. Dengan versi terbaru. nasabah Bank DKI diharapkan dapat merasakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal.

Selain itu, nasabah juga melakukan pembukaan rekening tabungan secara online di mana saja dan kapan saja, bayar bermacam tagihan dan belanja online, transaksi QRIS, transfer antar bank, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga pembukaan deposito online. 

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Harus Keluar dari Zona Nyaman

Untuk kebutuhan setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA, nasabah Bank DKI harus melakukan permintaan (request) melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI. Dari permintaan tersebut, nasabah Bank DKI akan mendapat nomor identifikasi dan kode transaksi.

Nasabah Bank DKI wajib menginput nomor identifikasi dan kode transaksi tersebut pada jaringan ATM BCA, sebelum akhirnya dapat menggunakan layanan setor dan tarik tunai tanpa kartu di CRM tersebut.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 6, 2022, 9:21 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.