Presiden Joko Widodo Tinjau Penyaluran BSU di Sulawesi Tenggara

Presiden Joko Widodo Tinjau Penyaluran BSU di Sulawesi Tenggara

Presiden Joko Widodo menyaksikan penyerahan bantuan subsidi gaji/upah (BSU) tahun 2022 oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah kepada para pekerja yang ada di Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara pada Selasa (27/9/2022).

Presiden Jokowi menuturkan, sampai saat ini secara nasional BSU sudah tersalurkan kepada 7.077.550 pekerja atau sebanyak 48,3 persen. Rinciannya, penerima tahap pertama sebanyak 4.112.052 orang, penerima tahap kedua sebanyak 1.607.776 orang, dan  peneriman BSU tahap ketiga sebanyak 1.357.722 orang.

"Kita menyaksikan pemberian BSU, bantuan subsidi upah kepada para pekerja di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Bu Menteri Tenaga Kerja. Dan ini terus berjalan dengan kecepatan yang saya liat sangat baik," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Menaker Ida Fauziyah Tinjau Penerima BSU di 3 Wilayah

Adapun terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai dampak penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM), katanya, realisasinya telah mencapai 19,7 juta orang atau 95,9 persen. "Akhir tahun pasti selesai, Insya Allah," ucapnya.

Menaker Ida Fauziyah menambahkan, BSU disalurkan kepada para pekerja dari Sabang sampai Merauke yang memenuhi ketentuan sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022. Adapun untuk calon penerima manfaat BSU yang ada di Sulawesi Tenggara sebanyak 79.675 pekerja.

Baca juga: Lindungi Pekerja dan Bisnis, Kemenaker Dorong Bangun Budaya K3

Hingga saat ini, total penerima (BSU sampai dengan tahap III) di Sulawesi Tenggara ada 19.286 orang, sudah 24,21 persen. Menaker mengatakan bahwa pihaknya dalam menyalurkan BSU kepada para pekerja dilakukan secara bertahap.

"Setiap minggu (disalurkan kepada) 1 juta, 2 juta (penerima BSU). Insya Allah dalam kurun satu bulan mungkin Pak Presiden kita bisa selesaikan," ucapnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 28, 2022, 6:11 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.