Cetak Rekor Baru, Diplomat Success Challenge 2022 Terima 23.657 Proposal Bisnis

Cetak Rekor Baru, Diplomat Success Challenge 2022 Terima 23.657 Proposal Bisnis

Diplomat Success Challenge (DSC) 2022 telah menyelesaikan periode submit proposal dengan angka pendaftar fantastis yang mencapai 23.657 peserta. Ini merupakan jumlah pendaftar terbanyak sepanjang penyelenggaraan DSC sejak tahun 2010.

Ketua Dewan Komisioner DSC Surjanto Yasaputera mengatakan, sejak tahun 2019 jumlah pendaftar memang mengalami peningkatan yang signifikan. Di tahun ini kami mengapresiasi antusiasme masyarakat hingga DSC 2022 sukses menjaring 23.657 peserta.

“Jika dibandingkan dengan tahun lalu, peningkatan pendaftar mencapai 29 persen. Kami sangat bersyukur karena dapat menjangkau lebih banyak challengers di tahun ini,” tutur Surjanto dalam keterangan persnya.

Baca juga: Apindo: UMKM Harus Cepat Tanggap dan Ciptakan Pasar

Sejak dibuka tanggal 8 Juni, DSC 2022 telah menggelar berbagai macam kegiatan seputar pengembangan wirausaha. Mulai dari seri webinar, campus to campus, hingga beragam edukasi bisnis melalui konten media sosial DSC. Selain itu dalam masa pendaftaran tahun ini, terdapat pula aktivitas baru, yaitu Vote Your Challengers yang menjadi ajang pendukung bagi program Vlog Pitch.

“Yang juga menarik, di tahun ini 52,3 persen merupakan bisnis yang sudah berjalan, dan 43,7 persen bisnis masih berupa ide. Ini menunjukkan kepercayaan generasi muda Indonesia kepada DSC untuk mewujudkan bisnis impian mereka,” tutur Edric Chandra, Program Initiator DSC 2022.

Pada kategori bisnis, Makanan & Minuman kemasan mendominasi hingga 36,8 persen. Persentase ini cukup jauh dari kategori bisnis Makanan & Minuman dalam bentuk restoran yang jumlah pendaftarnya mencapai 6 persen. Angka tersebut memperlihatkan bahwa telah terjadi pergeseran model bisnis yang semakin relevan saat ini, dan hal ini berlaku pula dalam kategori bisnis lainnya.

Baca juga: Antusiame Tinggi, Program Wirausaha DSC 2022 Catat Rekor 21.000 Pendaftar

Dilihat segi usia, pendaftar dalam rentang 20-25 tahun masih mendominasi hingga 39 persen. Namun, terdapat cukup banyak pula pendaftar berusia 19 tahun ke bawah yang mencapai 14 persen.

Para Generasi Z dengan ide dan pemikiran orisinal ini pun diprediksi akan semakin mendominasi penyelenggaraan DSC di tahun-tahun berikutnya. Adapun jumlah pengusaha wanita atau womenpreneur di DSC 2022 mencapai 49 persen. Hal ini selaras dengan salah satu misi DSC untuk memberikan akses dan manfaat secara merata. 

Setelah proses kurasi, DSC 2022 akan mengumumkan Top 1000 challengers yang dapat melaju ke tahap selanjutnya dan lebih dekat meraih hibah modal usaha total Rp 2 miliar, pendampingan berkelanjutan dari coach bisnis profesional, serta bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 23, 2022, 8:26 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.