Samsonite Ajak Traveler Selamatkan Lingkungan

Samsonite Ajak Traveler Selamatkan Lingkungan

Brand koper, perlengkapan, dan aksesori perjalanan, Samsonite mengumumkan kehadiran program ikonik Luggage Trade-in yang telah berjalan sejak tanggal 7 September dan akan terus berlangsung hingga tanggal 9 Oktober 2022.

Lewat program ini, konsumen dan pelanggan dapat menukarkan koper lama dalam kondisi apa pun dan mendapatkan diskon 40% untuk pembelian koper Samsonite khusus seri NIAR, ENWRAP, dan VOLANT di gerai Samsonite serta di official store Samsonite di berbagai e-commerce mulai 12 September sampai 7 Oktober 2022.

Baca juga: Sustainable Fashion Tidak Hanya Soal Lingkungan

Tahun ini, Samsonite kembali bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia, serta bermitra dengan dua organisasi lingkungan lokal, PlusTik dan Robries, guna memberikan dampak yang lebih terpadu dan optimal. Program Luggage Trade-in adalah bagian dari strategi global Samsonite untuk sustainabilitas yang mencakup siklus produk menyeluruh.

Country Head PT Samsonite Indonesia Nadya Pertiwi mengatakan, Seiring dengan perkembangan brand Samsonite, samsonite terus berinovasi dalam menghadirkan solusi dan program perjalanan yang dibuat dengan mempertimbangkan konsumen serta lingkungan hidup.

Baca juga: Bobobox Optimalkan Potensi Wisata Coban Rondo Malang

“Samsonite kini menyambut kebangkitan dan pemulihan industri pariwisata dunia, serta merangkul semua peluang yang muncul seiring dengan pemulihan ini. Tidak hanya sustainabilitas lingkungan yang dibangun dalam kultur kami, namun Samsonite juga berkomitmen untuk terus mengutamakan inovasi,” katanya dalam press conference, Kamis (15/9/2022).

Program Luggage Trade-in juga memperkuat strategi Samsonite dalam penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) yang mencakup seluruh perjalanan pengembangan produknya yang berkontribusi dalam mengurangi dampak lingkungan, hingga memimpin industri dalam kaitannya dengan atribusi pada lingkungan.


Head of Marketing & Brand Strategy Samsonite Southeast Asia Hazlina Dayangku menjelaskan, Program Luggage Trade-in merupakan bagian dari strategi global jangka panjang Samsonite yang berfokus pada siklus hidup produk - mulai dari perancangan dan produksi produk berdaya dan awet, peran perusahaan dalam kurangi dampak pada planet, serta memastikan keterlibatan orang-orang, mitra, dan seluruh pemangku kepentingan, sehingga mendapatkan manfaat dari progress yang terpadu dan berkesinambungan ini.

“Melalui program Luggage Trade-in, kami ingin menjadi penyeimbang dari budaya throwaway (bersampah), dengan menggunakan inovasi pokok untuk menemukan cara menggabungkan sumber material yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, serta turut mengurangi beban di tempat pembuangan sampah,” jelasnya.

Baca juga: 11 Rekomendasi Destinasi Panorama Indah Indonesia dari tiket.com

Dalam program ini, Samsonite akan mendonasikan Rp100.000 dari setiap transaksi hasil program trade-in kepada Yayasan WWF Indonesia melalui program Signing Blue yang berfokus pada perlindungan sumber daya alam dan mendorong pengembangan sistem pariwisata bahari yang bertanggung jawab di Indonesia.

Imam Musthofa, Head of Marine & Fisheries Program, Yayasan WWF Indonesia menyatakan, kolaborasi ini merupakan kesempatan besar untuk meningkatkan kesadaran akan dampak lingkungan dan bagaimana kita bisa mengajak lebih banyak orang untuk ikut membuat pilihan yang cerdas dan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Terkenal di Tokyo dan Seoul

Di kesempatan itu juga, Founder PlusTik Reza Hasfinanda percaya bahwa setiap langkah kecil yang diambil untuk mengurangi jumlah sampah plastik sangatlah berarti. Lewat program Luggage Trade-in, akan memastikan bahwa koper lama tidak akan berakhir terbengkalai di tempat pembuangan sampah.

“melainkan diolah dengan cara mendaur ulang material plastiknya menjadi produk non-single use yaitu paving block yang rencananya akan dipasang untuk melindungi mangrove di Taman Wisata Mangrove PIK,” ungkapnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 19, 2022, 7:18 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.