Amartha Luncurkan Layanan Credit Decisioning Solution untuk UMKM

Amartha Luncurkan Layanan Credit Decisioning Solution untuk UMKM

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) meluncurkan layanan terbarunya, Ascore.ai. Melalui Ascore.ai, Amartha memanfaatkan machine learning yang menyediakan pengukuran profil risiko secara akurat dan holistik, sehingga dapat membuka peluang bagi berbagai sektor usaha untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih masif.

Ascore.ai merupakan layanan baru dari Amartha yang memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk kebutuhan pengukuran profil risiko bagi berbagai sektor usaha untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih masif.

Ascore.ai dibangun dengan lebih dari satu juta database mitra pengusaha ultra mikro Amartha dan telah mengalami pengembangan selama tujuh tahun terakhir. Teknologi ini digunakan untuk pengukuran risiko menyalurkan pinjaman bagi segmen yang belum terlayani (underserved) di lapisan piramida terbawah. Teknologi ini terbukti berhasil menjaga NPL Amartha di bawah 0,5%.

Baca juga: Apindo: UMKM Harus Cepat Tanggap dan Ciptakan Pasar

Founder & CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra menyampaikan, Amartha melihat peluang yang sangat besar untuk mengkatalisis sektor ekonomi informal melalui teknologi. Sekitar 20 juta UMKM di Indonesia masih belum terlayani oleh layanan keuangan formal, karena profiling risikonya sulit diukur.

“Melalui teknologi Ascore.ai, berbagai sektor usaha maupun institusi dapat menggunakan layanan ini, dan berpeluang untuk memperluas jangkauan pasarnya ke pangsa pasar yang lebih masif, salah satunya sektor ekonomi informal,” katanya.

Dengan bantuan AI (Artificial Intelligence), Ascore.ai akan menghasilkan output berupa nilai risiko, penghitungan bunga pinjaman, pengolahan data, serta keputusan-keputusan yang berpengaruh pada bisnis (credit decisioning). 

Baca juga: Pentingnya Kanal Digital untuk Pengembangan Usaha UMKM di Daerah

Ascore.ai memiliki pelayanan yang holistik, sehingga dapat digunakan baik oleh institusi maupun individu. Pada segmen institusi, Ascore.ai dapat menjangkau sektor fintech, microfinance/lembaga pembiayaan, perbankan seperti BPR dan BPD, koperasi, agrikultur, hingga marketplace yang memiliki produk Paylater dan pinjaman. 

Taufan menambahkan, lewat layanan Ascore.ai, Amartha membantu institusi keuangan agar dapat merambah segmen akar rumput, tanpa perlu mengembangkan teknologi credit decisioning solution. Sehingga, akan semakin banyak institusi yang dapat memperluas jangkauannya ke pangsa pasar masif seperti UMKM. Ini sekaligus dapat membantu peningkatan inklusi keuangan”, lanjut Taufan.

Bagi segmen institusi, Ascore.ai menyediakan layanan berupa verifikasi risiko, credit underwriting, advance credit analysis, dan pengecekan kredit nasabah. Amartha juga telah menjajaki kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMD), perbankan, hingga e-commerce untuk memasarkan layanan Ascore.ai.

Baca juga: Forum B20 di Jawa Timur Fokus Pada Rantai Pasok UMKM

Pada segmen individu, Ascore.ai menyediakan layanan berupa penghitungan profil risiko serta simulator skor kredit dengan mengakses situs Ascore.ai. Nantinya, pengguna dapat mempertimbangkan hasil perhitungan profil risiko untuk mengenali profilnya, dan memutuskan dengan baik apabila hendak mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan formal.

“Dengan layanan yang holistik, Ascore.ai diharapkan dapat menjangkau segmen pasar yang lebih masif, tidak terbatas pada institusi saja tetapi juga setiap individu yang membutuhkan layanan keuangan. Amartha optimis, Ascore.ai dapat mendorong inklusi keuangan serta menjadi katalisator bagi UMKM untuk bertransformasi menjadi usaha digital dan bersaing di pasar global,” tutup Taufan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 19, 2022, 7:12 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.