Forum B20 di Jawa Timur Fokus Pada Rantai Pasok UMKM

Forum B20 di Jawa Timur Fokus Pada Rantai Pasok UMKM

The Business 20 atau B20 menggelar forum kegiatan sampingan di Jawa Timur yang memfokuskan pada nilai rantai pasok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ajang B20 di Jawa Timur ini diselenggarakan empat hari yaitu 15-18 September tahun 2022 yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia meningkatkan rantai nilai dan rantai pasokan global. 

Jawa Timur menjadi provinsi diselenggarakannya forum dialog B20 karena memiliki nilai tersendiri. Selama lebih dari dua abad, Jawa Timur telah menjadi pusat perdagangan yang signifikan baik secara domestik maupun internasional.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi karena Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kota Surabaya menjadi tuan rumah kegiatan sampingan The Business 20 atau B20. Jawa Timur dipilih menjadi tuan rumah pelaksana acara karena potensi dan peranannya sebagai salah satu hub penting bagi perdagangan domestik dan internasional Indonesia semenjak berabad lalu.

Baca juga: Pentingnya Kanal Digital untuk Pengembangan Usaha UMKM di Daerah

“Temen-temen dari pelaku usaha Jatim telah berhasil menjadikan Surabaya dan Jatim yang merupakan provinsi dengan ekonomi terbesar kedua di Indonesia, sebagai bagian dari perjalanan menuju G20," ujar Emil saat membuka forum B20.

Menurutnya, pemilihan Hotel Majapahit yang bersejarah adalah untuk menginspirasi para tamu undangan agar turut serta mengambil peran kepahlawanan bagi perekonomian Indonesia. Dirinya juga berharap diskusi kali ini sungguh-sungguh dapat membantu peningkatan kapasitas Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat bersaing di tengah ekonomi global.

Baca juga: Urgensi Transformasi Digital Sebagai Kunci Bisnis UMKM Naik Kelas

“B20 merupakan forum diskusi yang sangat strategis, selanjutnya mudah-mudahan semua diskusi dan rekomendasi bisa kita susun dan digabungkan untuk disampaikan ke forum G20 Summit November nanti,” papar Emil.

The Business 20 atau B20 merupakan grup jangkauan G20 yang di dalamnya terdiri dari perwakilan komunitas bisnis internasional. Melalui forum komunitas global B20, Indonesia berkomitmen untuk menyatukan komunitas bisnis G20 dalam satu kesepakatan agar lebih kuat menuju inklusivitas, serta tangguh dan kolaboratif meningkatkan pertumbuhan ekonomi global.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 18, 2022, 12:08 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.