Penjualan Asuransi Perjalanan Jasindo Naik 565 Persen di Semester I 2022

Penjualan Asuransi Perjalanan Jasindo Naik 565 Persen di Semester I 2022

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo mencatat pertumbuhan penjualan asuransi perjalanan yang signifikan pada semester pertama 2022. Dibandingkan penjualan tahun sebelumnya (yoy), mengalami peningkatan sebesar Rp795 juta atau 565% dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, dengan premi gross tercatat Rp935 juta pada tahun 2022 dan Rp140 juta pada 2021.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi Jasindo Diwe Novara, kontribusi premi terbesar berasal dari bisnis Representative Office khususnya di Tegal dan Sorong serta dari Group Bisnis. Pertumbuhan penjualan ini tak lepas dari strategi yang diterapkan perusahaan.

Baca juga: Asuransi Jasindo Dorong Pertumbuhan Konsumen Ritel dengan Digitalisasi

Salah satunya adalah direct sales menggunakan website www.jasindotravel.co.id, kerja sama dengan perusahaan marketplace seperti Traveloka, Bukalapak dan Red Doors, serta kerja sama dengan agen-agen biro perjalanan umum dan biro wisata religi.

Sejak awal peluncuran produk asuransi perjalanan pada September 2017, Asuransi Jasindo Travel mencatat premi sebesar Rp50,8 juta di akhir tahun. Kenaikan signifikan tercatat di akhir 2018 di mana pertumbuhan yang terjadi adalah sebesar 194 persen dibandingkan dengan akhir 2017.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Seputar Asuransi Perjalanan

Diakui Diwe, produk asuransi Jasindo mengalami penurunan penjualan terbesar terjadi pada 2020 dengan pencapaian premi sebesar Rp21 juta atau turun 84 persen dari tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19.

Namun, penjualan kembali naik pada 2021 dengan pencapaian premi sebesar Rp140 juta atau naik sebesar 556 persen karena adanya penutupan bisnis dari Red Doors. Secara umum asuransi perjalanan milik Jasindo memberikan benefit penggantian dari biaya medis darurat dan kecelakaan selama perjalanan.

Baca juga: 5 Manfaat Asuransi Perjalanan

Benefit tersebut meliputi, penggantian biaya rawat inap dan rawat jalan termasuk di dalamnya kegiatan ekstrem, evakuasi dan pendampingan evakuasi, perlindungan keterlambatan alat transportasi, perlindungan keterlambatan dan kehilangan bagasi, perlindungan kehilangan uang dan dokumen perjalanan, hingga pada penggantian gadget kesayangan dan perlindungan rumah.

Diwe meyakini, masyarakat tak perlu datang ke kantor Asuransi Jasindo untuk melakukan klaim, cukup melalui website www.jasindotravel.co.id. “Caranya tertanggung mengunggah dokumen klaim yang diminta. Pembayaran klaim diproses maksimal 14 hari kerja setelah status klaim disetujui,” lanjutnya.

Baca juga: Lebih Simpel Mana, Asuransi Perjalanan Cashless atau Reimburse?

Tak hanya untuk proses klaim, masyarakat juga bisa menggunakan website Asuransi Jasindo tersebut untuk membeli produk asuransi perjalanan. “Kami memanfaatkan platform digital untuk mempermudah masyarakat mendapatkan asuransi ini,” tutupnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 25, 2022, 8:01 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.