Penting! Simak 5 Asuransi Dasar yang Harus Dimiliki Sejak Muda

Penting! Simak 5 Asuransi Dasar yang Harus Dimiliki Sejak Muda

Perencanaan keuangan merupakan hal yang penting dilakukan kaum milenial dan generasi Z, untuk mewujudkan financial freedom atau merdeka secara finansial. Pasalnya, dua generasi tersebut saat ini tengah mendominasi dunia kerja, namun memiliki gaya pengelolaan keuangan yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.

Direktur Sales FUSE Ridho Revilino menyarankan, generasi sebelumnya merencanakan keuangan dengan menabung, membeli emas atau tanah. Tidak ada yang salah dengan itu, karena saat itu instrumen investasi terbatas. Tapi saat ini, instrumen investasi makin banyak.

“Dengan kecanggihan teknologi, generasi Z dan milenial bisa berinvestasi saham atau aset kripto dengan menggunakan aplikasi," kata Direktur Sales FUSE, Ridho Revilino dalam webinar berjudul “Strategi Investasi untuk Gen Z & Milenial Menuju Merdeka Finansial.”

Baca juga: Kini Bayar Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan Bisa Dicicil

Mengacu pada konsep piramida pengelolaan keuangan, ada fondasi yang harus lebih dulu dibangun secara kokoh sebelum berinvestasi. Pertama, memiliki cashflow dan dana darurat. Kedua, memiliki manajemen risiko melalui proteksi asuransi. Menurut Ridho, ada proteksi dasar yang harus dipenuhi terlebih dahulu:

1. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor ini memberikan proteksi untuk kendaraan seperti mobil, sepeda motor, bus atau truk dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Misalnya, kecelakaan, kehilangan ataupun bencana alam.

“Kendaraan bermotor sudah menjadi alat transportasi yang kita andalkan sehari-hari, terutama mobil. Cara untuk membeli mobil juga semakin banyak, bisa secara tunai atau pembiayaan multi-finance. Karena sering digunakan, perlu diproteksi dengan asuransi untuk mencegah risiko finansial yang mungkin terjadi saat beraktivitas menggunakan mobil tersebut,” papar Ridho.

Baca juga: Dirut BPJAMSOSTEK Ingatkan Sanksi Denda hingga Penjara bagi Perusahaan Nakal

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan bisa meringankan beban keuangan. Apabila kita sakit, maka perusahaan asuransi yang akan menanggung biaya pengobatan sesuai kesepakatan, misalnya biaya konsultasi dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi.

Bagi generasi Z dan milenial yang saat ini bekerja di perusahaan, tentunya dimudahkan, karena biasanya perusahaan memberikan asuransi kesehatan sebagai bagian dari program employee benefit.

“Bagi yang belum punya, sebaiknya mulai berpikir untuk membeli asuransi kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan sejak muda penting untuk memberikan perlindungan untuk kesehatan tubuh di masa mendatang," ungkap Ridho yang merupakan lulusan Universitas Padjadjaran ini.

Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan Usul 2 Kriteria Tambahan di Regulasi KRIS

3. Asuransi Properti

Asuransi properti memberikan proteksi untuk risiko yang mungkin terjadi pada properti yang mencakup rumah, bangunan toko, gedung perkantoran dan sebagainya. Risiko tersebut yakni kebakaran, gempa bumi, ledakan dan sebagainya.

4. Asuransi Perjalanan

Ridho menekankan pentingnya memiliki asuransi perjalanan sebagai bentuk proteksi atau mitigasi masalah dan risiko yang mungkin terjadi saat bepergian, baik perjalanan domestik maupun internasional.

“Proteksi asuransi bisa memberikan ketenangan pikiran. Risiko seperti pembatalan dan perubahan perjalanan, kehilangan atau kerusakan pada bagasi, sakit dalam perjalanan, kecelakaan diri akan ditanggung oleh asuransi perjalanan,” ujarnya.

Baca juga: 4 Perusahaan Asuransi Pelat Merah ini Tergabung di IFG

5. Asuransi Jiwa

Tak ada yang tahu pasti hal yang mungkin terjadi di kemudian hari. Terutama tulang punggung keluarga, perlu memiliki asuransi jiwa sebagai antisipasi kehilangan sumber pendapatan keluarga saat meninggal atau tidak bisa kerja akibat mengalami cacat tetap. Asuransi jiwa memiliki banyak jenis, di antaranya asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa dwiguna.

Itulah lima asuransi dasar yang harus dimiliki oleh generasi Z dan milenial agar bisa mencapai tujuan merdeka finansial atau financial freedom. Semua itu bisa dicapai apabila diawali dengan perencanaan keuangan yang matang.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 2, 2022, 7:58 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.