Hati-Hati Bunyi Dering Telepon Jelang Tengah Malam

Hati-Hati Bunyi Dering Telepon Jelang Tengah Malam

Jelang tengah malam, waktunya pulang ke rumah dan waktunya mengisi kembali energi dengan tidur. Tengah malam ini adalah waktu rawan dimana kita sudah lelah beraktivitas seharian, tidak fokus, mengantuk dan ingin beristirahat. Di waktu rawan ini, juga digunakan para penipu yang mengatasnamakan bank untuk melancarkan aksinya menipu masyarakat.

Banyak sekali modus yang digunakan yang menimbulkan banyak kerugian bagi para nasabah. Mulai dari call center palsu, email palsu sampai akun sosmed palsu yang meminta data rahasia. Beberapa di antaranya juga memberikan link palsu seolah berasal dari pihak bank yang sesungguhnya.

Baca juga: Kenali Titik Lengah Anda Agar Terhindar dari Penipuan

Menurut Rudy Hamdani, Digital Business Division Head Bank OCBC NISP, cara kerja phising ini melalui apa yang disebut Impersonation Scams yang mana adalah sebuah penipuan yang dilakukan oleh penipu dengan cara berpura-pura menjadi suatu lembaga resmi termasuk bank.

Baru-baru ini sedang marak terjadi kasus phising melalui telepon pada malam hari. Pelaku kejahatan menjalankan aksinya melalui telepon tersebut mengaku dari bank dan memberitahukan mengenai adanya transaksi pada kartu nasabah.

Baca juga: 2 Jurus Jitu Anti Kena Tipu Atas Nama Bank

Modusnya adalah agar para nasabah terjerat dengan kejahatannya adalah dengan memainkan emosional para nasabah. Seperti “mohon jangan memberikan informasi apapun ke saya atau ke bank, silahkan bapak/ibu masuk ke dalam link dan melakukan pemblokiran/pembatalan secara mandiri.”

Secara psikologis, nasabah akan mempercayai informasi tersebut karena telah diinformasikan untuk tidak memberikan data rahasia kepada siapapun termasuk petugas bank. Terlebih apabila dilakukan pada malam hari, di mana kondisi kesadaran manusia tidak berada pada titik yang optimal. Membuat penipuan melalui telepon malam hari menjadi marak terjadi.

Baca juga: Tips Menghindari Penipuan Call Centre Bank Palsu

Oleh karena itu, kita harus selalu hati-hati dan awas terhadap modus penipuan seperti ini. Agar tidak terjerat Si Penelepon Tengah Malam, jangan lupa untuk selalu menjaga data rahasia dan simak tips dan trik di bawah ini supaya terhindar dari penipuan!

Jangan mudah percaya terhadap telepon yang mengatasnamakan Bank terutama di malam hari (luar jam kerja) dan menginfokan adanya penyalahgunaan transaksi/transaksi mencurigakan. Staff bank hanya menghubungi nasabah di luar jam kerja hanya bersifat darurat untuk konfirmasi kelengkapan data atas laporan nasabah seperti pemblokiran kartu atau sanggahan transaksi.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 27, 2022, 6:49 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.