Museum Bank Indonesia Kembali Dibuka dengan 9 Layanan Baru

Museum Bank Indonesia Kembali Dibuka dengan 9 Layanan Baru

Museum Bank Indonesia atau MuBI kembali menjelang masyarakat umum untuk berkunjung secara luring mulai 7 Juli 2022. Sebelumnya, karena mempertimbangkan situasi pandemi, selama dua tahun MuBI hadir dalam bentuk daring melalui pemanduan secara virtual yang dilengkapi berbagai kegiatan.

Kegiatan rutin yang diadakan memuat konten-konten edukasi dan event daring. sementara waktu tak dapat berkunjung langsung. Selama penutupan kunjungan langsung, MuBI telah mempersiapkan layanan dan wahana baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman berkunjung.

Baca juga: Menilik Dampak Kenaikan Suku Bunga The Fed Terhadap Ekonomi Indonesia

Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P. Joewono mengatakan, Museum BI merupakan pilar literasi komunikasi Bank Indonesia. Dia berharap MuBI terus memberikan layanan terbaik, menjadi sarana edukasi bagi masyarakat terkait sejarah kebanksentralan dengan didukung tata pamer dan teknologi terkini, serta menjadi wadah yang memfasilitasi kepentingan stakeholders.

Koleksi-koleksi MuBI pun tetap dikelola dengan baik selama pandemi. Konservasi terhadap koleksi numismatik maupun non-numismatik berjalan secara rutin. Penataan koleksi numismatik yang juga menjadi masterpiece MuBI turut dilakukan.

Baca juga: BI Pertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate Tetap 3,50 Persen

Adapun waktu operasional kunjungan luring adalah Senin sampai Jumat pukul.08.00-15.00 WIB melalui pendaftaran terlebih dahulu melalui Whatsapp: +62-812-9157-3940 atau email museum@bi.go.id.

Museum Bank Indonesia juga tetap menyediakan layanan daring yang terbuka untuk umum dan gratis, yaitu setiap hari Selasa sampai Kamis pukul 09.00 dan 13.30 WIB dan Jumat sampai Sabtu pukul 14.00 dan 19.30 WIB. 

Baca juga: 5 Tren Akselerasi Digital Menurut Bank Indonesia

Dalam perhelatan tersebut, Doni sekaligus meresmikan berbagai layanan baru, antara lain 9 walls display, Augmented Reality, café, photobooth & kids corner. Acara diramaikan dengan berbagai penampilan antara lain drama parodi yang menceritakan edukasi terkait kebijakan Bank Indonesia terkini yaitu QRIS dan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 7, 2022, 8:34 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.