Mengenal Metode Kalender Saku, Cara Menabung Oppa dan Eonni Korea

Mengenal Metode Kalender Saku, Cara Menabung Oppa dan Eonni Korea

Di Jepang ada metode menabung yang namanya Kakeibo. Nah bagi penyuka K-Pop atau drama korea (drakor), jangan tanggung-tanggung, Anda juga harus tahu bahwa negeri Ginseng ini juga punya cara menabung yang namanya metode Kalender Saku.

Kalender Saku merupakan metode mengatur pengeluaran uang yang dilakukan oleh orang Korea. Cara ini terbilang unik karena diterapkan dengan menggunakan kalender dinding yang dimodifikasi dengan menambahkan saku kecil atau kantung mini pada tiap tanggal di kalender tersebut. Uang kemudian dimasukkan ke dalam saku-saku tersebut.

Baca juga: Cara Menabung Bagi yang Berpenghasilan Pas-Pasan

Bagaimana caranya? Ada tiga metode Kalender Saku yang dapat digunakan ketika Anda meniru tradisi menabung ala Oppa dan Eonni Koren ini.

1. Alokasikan sejumlah uang untuk pengeluaran selama satu bulan, kemudian uang tersebut dibagi dan disimpan kedalam saku kecil pada kalender yang sudah Anda buat sebagai dana harian. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah menyisihkan 10% hingga 20% pendapatan untuk tabungan.

2. Anda wajib menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung ke dalam saku kecil sebelum berkegiatan atau beraktifitas keluar rumah.

3. Sesuaikan uang yang akan ditabung dengan angka tanggal yang tertera pada kalender atau kelipatannya. Misalnya, jika hari ini tanggal 1, maka jumlah uang yang wajib ditabung adalah sebesar Rp10.000, tanggal 2 menjadi Rp20.000, dan begitu seterusnya.

Baca juga: Yuks, Mulai Menabung Uang Receh

Cara ini cukup efektif untuk melatih kedisplinan dalam mengelola atau menekan pengeluaran setiap harinya. Semakin banyak yang kita sisihkan maka semakin banyak uang yang dapat kita alokasikan untuk hal-hal penting di masa yang akan datang.

Terpenting dalam metode Kalender Saku ini dibutuhkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan kewajiban untuk bisa menabung setiap hari. Anda harus pintar-pintar mengatur pengeluaran sehingga kantung-kantung pada Kalender Saku terisi penuh.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 29, 2022, 8:22 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.