Tumbuh 50%, Astra Financial Cetak Laba Rp1,5 Triliun di Kuartal I 2022

Tumbuh 50%, Astra Financial Cetak Laba Rp1,5 Triliun di Kuartal I 2022

Kinerja Astra Financial mencatatkan peningkatan performa bisnis yang positif selama kuartal pertama tahun 2022. Astra Financial mencetak pertumbuhan laba sebesar 50% menjadi Rp1,5 triliun dibandingkan kuartal pertama tahun 2021 senilai Rp985 miliar.

Selain itu, pertumbuhan aset Astra Financial juga meningkat menjadi Rp142 triliun di kuartal pertama yang berakhir di 31 Maret 2022 dari Rp135 triliun pada 31 Desember 2021. Hal itu karena adanya peningkatan mobilitas masyarakat membuat permintaan terhadap produk otomotif dan layanan keuangan dari Astra.

Baca juga: Era Transformasi Digital, LPS Ingatkan BPR dan BPRS Mitigasi Risiko

Peningkatan performa bisnis per 31 Maret 2022 bila dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, didukung oleh peningkatan nilai pembiayaan di beberapa perusahaan yang berbaung di dalam Astra Financial

Kontribusi laba bersih dari perusahaan yang fokus pada pembiayaan mobil (ACC dan TAF) meningkat 55% menjadi Rp385 miliar. Kontribusi laba bersih dari bisnis pembiayaan sepeda motor (FIFGROUP), meningkat 83% menjadi Rp751 miliar.

Total pembiayaan baru yang disalurkan oleh bisnis pembiayaan alat berat (SANF dan KAF) meningkat sebesar 141% menjadi Rp3,3 triliun. Kontribusi laba bersih dari segmen ini meningkat 54% menjadi Rp20 miliar.

Baca juga: Marak PHK di Startup, Grant Thornton Ingatkan Pentingnya Manajemen Keuangan Perusahaan

Perusahaan asuransi umum, Asuransi Astra juga mencatat peningkatan laba bersih sebesar 9% menjadi Rp341 miliar, terutama disebabkan pendapatan underwriting dan hasil investasi yang lebih tinggi.

Bidang layanan keuangan Astra Financial juga telag masuk pada sektor financial technology (fintech) seperti MAUCASH, MOXA, AstraPay, dan SEVA yang sudah mulai beroperasi sebelum masa pandemi COVID-19.

Sampai dengan Mei 2022, AstraPay telah mencapai 5 juta registered user dan GTV sebesar Rp11,3 triliun. Di sisi lain, Maucash sudah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp3,2 triliun kepada 1,18 juta borrower.

Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan Usul 2 Kriteria Tambahan di Regulasi KRIS

Moxa saat ini sudah memiliki 1,78 juta registered user dengan jumlah GMV mencapai 579 miliar. Hal ini tercapai dengan optimalisasi ekosistem Astra untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna jasa keuangan Astra Financial.

Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin mengakui pandemic COVID-19 mendorong masyarakat secara luas menjadi terbiasa menggunakan layanan digital dalam kehidupan mereka sehari-hari.

“Terkait hal itu Astra Financial terus melakukan digitalisasi untuk beradaptasi dengan kebutuhan konsumen dengan tetap memberikan layanan keuangan yang terintegrasi dan prima.” tutup Suparno.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 24, 2022, 7:20 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.