Mengenal Perbedaan Paper Gold dan Tabungan Emas

Mengenal Perbedaan Paper Gold dan Tabungan Emas

Emas menjadi salah satu investasi yang terbilang cukup aman. Jika dahulu untuk memiliki emas, Anda terbiasa dengan bentuk fisik emas yang bisa dipegang. Namun zaman telah berubah. Anda investasi emas bisa dilakukan lewat emas digital, di mana Anda memiliki emas tanpa perlu menyimpan fisiknya.

Pembelian emas digital tentu memudahkan banyak orang yang ingin investasi emas. Namun selain emas digital, ada banyak tawaran investasi yang juga menyematkan nama emas, salah satunya istilah paper gold.

Dikutip Paper gold merupakan satu dari ragam instrumen investasi yang menggunakan emas sebagai alatnya, namun tidak berupa emas fisik, melainkan disebut emas Exchange Traded Funds atau lebih dikenal dengan singkatan ETFs.

Baca juga: Investasi Emas: Modal Ringan, Aman, dan Mudah Dicairkan

Dikutip dari laman Sahabat Pegadaian, bentuk paper gold berupa ‘surat’ bernilai investasi berbasis emas. Dalam hal ini, paper gold mewakili harga emas di tengah-tengah pasar bursa efek di antara produk reksa dana dan saham lainnya.

Perbedaan Paper Gold dan Tabungan Emas

• Paper Gold

paper gold atau ETFs memiliki mekanisme yang berbeda dengan tabungan emas, oleh karena Anda tidak betul-betul memiliki emas fisik, maka pertimbangan keamanan dan pengetahuan Anda mengenai bagaimana cara pasar saham, kontrak derivatif dan underlying asset-nya bekerja menjadi faktor kunci atas keselamatan aset Anda.

Transaksi Anda bisa saja mengalami kegagalan oleh karena Anda diharuskan membeli maupun menjual paper gold tersebut kepada pihak ketiga. Maka, Anda perlu memperhatikan kredibilitas pihak ketiga atau lembaga yang menjadi intermediasi pendukung Anda dalam bertransaksi paper gold. 

Baca juga: Rawat Perhiasan Emas dan Jaga Kelengkapan Suratnya

• Tabungan Emas

Tabungan emas seperti yang ditawarkan Pegadaian merupakan fasilitas titip emas. Anda membeli emas, dan emasnya dititipkan sehingga fisiknya disimpan di Pegadaian. Tabungan emas adalah aset yang liquid, karena dapat dijual atau digadai kapan saja dengan mudah dan emas Anda dapat dicetak menjadi emas batangan atau dapat ditukar dengan perhiasan.

Itulah perbedaan singkat antara paper gold dan tabungan emas. Perbedaan keduanya memang cukup kontras, mulai dari model transaksi, ketersediaan pasar, hingga komoditi fisik. Jadi Anda pilih investasi emas yang mana?


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 24, 2022, 7:27 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.