Tips Terhindar dari Jebakan Giveaway Bodong di Media Sosial

Tips Terhindar dari Jebakan Giveaway Bodong di Media Sosial

Salah satu strategi bisnis yang dianggap ampun untuk menarik atensi konsumen adalah promosi giveaway. Strategi promosi ini mampu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap merek, perusahaan, atau produk yang ingin dikenalkan ke masyarakat luas.

Bukan hanya perusahaan yang ingin brand produknya dikenal. Para influencer sosial media juga melakukan cara ini untuk meningkatkan follower atau subscriber-nya. Tidak tanggung-tanggung, giveaway yang diberikan mampu menrik banyak giveaway hunter untuk ikut serta.

Baca juga: Kenali Titik Lengah Anda Agar Terhindar dari Penipuan

Sayangnya, giveaway yang seharusnya semarak, mulai disalahgunakan oleh pelaku penipuan untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya, kasus yang kerap terjadi pada pelaporan yang masuk di LinkAja, di mana korban diiming-imingi hadiah giveaway dengan mengatasnamakan public figure atau perusahaan terkenal.

Modusnya, sengan iming-iming hadiah yang besar dan menarik. Pelaku penipuan akan berusaha menyakinkan giveaway hunter untuk melakukan transaksi atau transfer sejumlah uang. Untuk menyakinkan korbannya, pelaku kerap memberikan info detai instansi, alamat kantor, hingga bukti transfer palsu.

Baca juga: Tips Menghindari Penipuan Call Centre Bank Palsu

Korban akan diyakinkan bahwa giveaway yang didapat merupakan program promosi resmi. Setelah korban mulai masuk jebakan, pelaku penipuan biasanya akan menggiring korban untuk melakukan langkah-langkah yang akhirnya berujung transfer dana atau top up saldo.

Bagaimana cara menghindar dari jebakan giveaway bodong ini? Berikut tips yang bisa Anda terapkan apabila mendapat pesan menang giveaway yang mencurigakan.

1. Pastikan bahwa Anda mengikuti giveaway dari akun resmi yang terverifikasi. Jangan sembarang ikut giveaway dari akun-akun yang mencurigakan, apalahi jika hadiahnya sangat besar.

Baca juga: Hati-Hati Penipuan Berkedok Penawaran Pinjaman Atas Nama LPS

2. Jika Anda dihubingi sebagai pemenang, jangan langsung senang dulu. Cek kebenarannya dan ingat-ingat kembali apakah Anda pernah mengikuti promo giveaway tersebut.

3. Jika merasa curiga, coba langsung konfirmasi ulang ke akun atau customer service resmi selaku penyelenggara giveaway.

4. Jangan pernah memberikan kode apapun, baik OTP, PIN atau password kepada orang yang menghubungi Anda.

Baca juga: Waspada Penipuan Penawaran Upgrade Nasabah BCA Solitaire dan Prioritas

5. Umumnya, penyelenggara giveaway tidak akan meminta sejumlah uang sebagai syarat pencairan hadiah giveaway. Jika ada yang meminta uang, fix itu penipuan.

6. Jangan segan-segan melaporkan kea kun atau customer service resmi yang bersangkutan jika ada pihak yang kamu curigai melakukan penipuan giveaway yang mengatasnamakan perusahaan atau instansi resmi tertentu.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 17, 2022, 12:48 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.