BSI Resmikan UMKM Center Kedua di Yogyakarta

BSI Resmikan UMKM Center Kedua di Yogyakarta

Setelah meresmikan UMKM Center di Provinsi Aceh pada Desember 2021, PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI kembali meluncurkan BSI UMKM Center di Yogyakarta yang kedua. BSI UMKM Center di Yogyakarta berlokasi di jalan Jalan Doktor Sutomo No. 8 Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, sebagai daerah yang sarat dengan budaya Jawa, Yogyakarta memiliki ribuan komunitas anak muda kreatif, daerah wisata, kota pelajar, dan kota seniman, yang dapat menjadi contoh pengembangan UMKM bagi daerah lainnya.

Baca juga: Kisah 3 UMKM Indonesia yang Lolos Kurasi Le BHV Marais

Kehadiran UMKM Center di Yogyakarta merupakan bagian dari upaya BSI meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha di segmen tersebut sehingga terbentuk suatu ekosistem UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. Sektor UMKM juga mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,42% dari total investasi di Indonesia. 

Baca juga: Pegadaian Siap Luncurkan KUR Syariah, Bunga Hanya 6 Persen

“Bayangkan jumlah UMKM yang ada di seluruh Yogyakarta, digabung dengan potensi bantuan pengembangan dari BSI dan impact-nya untuk kemaslahatan masyarakat Yogyakarta,” ungkap Hery saat kunjungan BSI UMKM Center di Yogyakarta.

Saat ini BSI Yogyakarta telah mempunyai jumlah jaringan sebanyak 111 cabang dengan memegang amanah dari 1,5 juta nasabah dengan total keloaan aset Rp 7,7 triliun yang terdiri dari jumlah dana pihak ketiga Rp5, 5 triliun dan pembiayaan yang disalurkan Rp2,2 triliun.

Baca juga: RUPST Bank Syariah Indonesia Bagikan Dividen Rp757 Miliar

Amanah yang besar ini, tentunya akan BSI salurkan menjadi energi bagi pengembangan industri halal nasional khususnya di Yogyakarta dan mendorong peningkatan perekonomian daerah serta memberikan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat Jogja.

"Kehadiran Bank Syariah Indonesia di Jogja, tentu merupakan berkah bagi kita semua. Tidak hanya bagi rakyat Jogja, tetapi juga berkah bagi keluarga besar Bank Syariah Indonesia yang kini mendapatkan kesempatan untuk turut mengembangkan daerah yang mengedepankan nilai-nilai syariah,” kata Hery.

Baca juga: Susunan Lengkap Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas Bank Syariah Indonesia

Sementara itu, Direktur Compliance & Human Capital BSI, Tribuana Tunggadewi menyampaikan dalam sambutannya bahwa pemberdayaan UMKM Center ini, BSI akan bersinergi dengan stakeholder yang didukung dengan adanya kurikulum dan modul yang komprehensif dan aplikatif sehingga tujuan menciptakan UMKM yang Go Halal, Go Digital dan Global dapat tercapai.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 17, 2022, 12:43 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.