Diversifikasi Investasi, Cara Tepat Lepas dari Jerat Generasi Sandwich

Diversifikasi Investasi, Cara Tepat Lepas dari Jerat Generasi Sandwich

Memutus rantai sandwich generation memang bukan hal yang mudah. Namun, Anda akan perlahan bisa memutus rantai tersebut dengan perencanaan keuangan yang baik. 

Saat ini jenis investasi sudah semakin berkembang, Anda bisa dengan mudah memilih produk mana yang cocok untuk Anda dan tentu saja menanamkan kedisplinan dan diversifikasi investasi.

Wealth Management Head Bank OCBC NISP Juky Mariska menungkapkan bahwa saat ini, menabung secara tradisional tidak cukup. Tabungan harus ditransformasikan agar dapat memberikan hasil yang optimal.

Hal ini dapat dilakukan dengan mendiversifikasi tabungan seperti menempatkan dana tabungan di berbagai instrumen keuangan yang lebih terjangkau. 

“Bank OCBC NISP memiliki berbagai instrumen keuangan yang dapat membantu generasi muda untuk dapat mulai berinvestasi sesuai dengan risiko profil yang dimiliki,” ungkap Juky.

Diversifikasi investasi sangat penting untuk mengoptimalkan keuntungan atau melipatgandakan aset yang Anda miliki. Namun, Anda tetap harus paham jenis-jenis investasi dan risikonya. 

Pasalnya, setiap instrumen investasi yang ada saat saat ini memiliki tingkat risiko dan tingkat keuntungan berbeda. Dengan menyebarkan penempatan dana di beberapa instrumen investasi, Anda akan mendapatkan cuan yang optimal dengan risiko yang sesuai dengan Anda.

Untuk dapat secara efektif melakukan diversifikasi investasi, Anda harus membekali diri dengan pemahaman yang tepat dan menyeluruh soal kondisi keuangan Anda. 

Untuk memulai, Anda harus dapat memahami kondisi keuangan kamu dengan melakukan asesmen secara independen dan selalu bersemangat untuk mengikuti kelas keuangan. 

Bank OCBC NISP menyediakan Financial Fitness Check Up dan juga ruangan berbagai kelas keuangan yang dapat membuka wawasan Anda. Semua ini dapat diakses di webaite Ruang Menyala. 

Menjadi generasi sandwich memang berat, Anda bisa memikul 2-3 kali lebih berat dari pada orang lain. Nah, dengan adanya diversifikasi dana di instrumen investasi, Anda telah mengambil langkah tepat untuk memutus rantai generasi sandwich. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 8, 2022, 8:35 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.