6 Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich

6 Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich

Terhimpit kebutuhan finansial orang tua dan anak memang sangat mirip dengan makanan sandwich. Alhasil, orang-orang yang berada di posisi ini sering disebut dengan sandwich generation. 

Masuk ke jajaran sandwich generation memang tidak mudah untuk menjalaninya, akan susah untuk mengatur keuangan karena menghidupi banyak orang bersamaan. 

Belum lagi membayar kebutuhan seperti cicilan, biaya pendidikan anak, perawatan orang tua, kebutuhan pribadi dan masih banyak lagi.

Walaupun Anda masuk ke dalam generasi sandwich sekarang ini, tentu Anda juga bisa memutus rantai generasi sandwich untuk masa depan anak-anak Anda. 

Berikut adalah enam cara yang bisa dilakukan untuk memutus rantai generasi sandwich:

1. Mengelola Penghasilan dengan Bijak

Ada dua rumus yang bisa Anda terapkan dalam mengelola penghasilan. Pertama adalah rumus 50/30/20, dan yang kedua adalah 40/30/20/10.

Cara menggunakan rumus pertama, yaitu Anda bisa membagi penghasilan menjadi 50% untuk kebutuhan seperti bayar cicilan, tagihan, belanja bulanan dan lainnya. 

Sedangkan porsi 30% Anda bisa masukan ke bagian untuk hiburan dan keinginan. Sisanya 10% untuk Anda tabung. 

Rumus kedua, Anda bisa atur 40% untuk kebutuhan, 30% untuk kewajiban, 20% untuk di tabung dan 10% untuk berdonasi atau kebaikan lain.

2. Catat Keuangan

Mencatat arus kas keluar masuknya uang merupakan cara yang sangat penting agar dapat mengetahui pergerakan keuangan Anda setiap bulannya. Dengan begitu, Anda bisa menentukan rencana keuangan untuk bulan ini dan bulan berikutnya dengan baik.

3. Menambah Sumber Penghasilan

Untuk memperbaiki kondisi keuangan, Anda juga bisa menambah sumber penghasilan dengan cara menyiapkan passive income di luar active income.

Misalnya dengan berinvestasi, menyewakan properti, kemitraan dan lainnya. Dengan bertambahnya penghasilan, Anda akan lebih mudah untuk mengatur arus keuangan sesuai rumus di atas.

4. Menyiapkan Program Pensiun

Ini adalah hal penting untuk memutus rantai generasi sandwich. Anda bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda agar bisa diinvestasikan untuk dana pensiun. 

Jika Anda rutin untuk menginvestasikan penghasilan untuk dana pensiun, ketika Anda nanti pensiun tidak membebani anak-anak Anda yang sudah beranjak dewasa.

5. Punya Asuransi Kesehatan

Dengan mempunyai asuransi kesehatan, biaya pengobatan bisa ditanggungkan oleh asuransi sesuai dengan kontrak dan kesepakatan bersama. Jadi Anda tidak akan memerlukan biaya besar ketika harus berobat.

6. Berbicara dengan Keluarga

Membicarakan soal keuangan ke anggota keluarga mungkin tidak biasa bagi sebagian orang karena takut berakhir canggung. Apalagi jika itu berkaitan dengan orang tua. 

Tapi hal itu dilakukan agar tidak memberatkan Anda dan terus menjadi generasi sandwich. Anda harus bisa jujur tentang kemampuan finansial Anda, agar tidak terlalu memberatkan dalam sisi finansial. 

Itulah enam cara yang bisa dilakukan untuk memutus rantai generasi sandwich. Hal yang patut diingat adalah mengurus orang tua adalah kewajiban setiap anak. Namun, anak pun harus menyiapkan finansial yang kuat untuk masa depan generasi berikutnya. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 8, 2022, 8:48 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.