Ubah Hobi Jadi Cuan, Bagaimana Caranya?

Ubah Hobi Jadi Cuan, Bagaimana Caranya?

Bermula dari hobi, siapa sangka beberapa kegiatan ini justru dapat menghasilkan cuan, penghasilan uang tambahan, bahkan menjadi sumber pendapatan. Hakikatnya setiap orang memiliki kegiatan favorit hobi yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu senggang.

Dapat melakukan hobi di sela-sela waktu biasanya akan memberikan kita kepuasan dan kesenangan batin, terlebih jika hobi tersebut ternyata dapat dijadikan peluang usaha. Sesulit apapun rintangannya, bila hal tersebut merupakan hobi yang kita gemari pasti akan terasa mudah menjalaninya.

Baca juga: 6 Tips Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, sesuai istilah, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Tentu tidak ada salahnya ketika hobi yang kita jalankan justru berpeluang menjadi bisnis yang menguntungkan.

"Karena hobi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang berdasarkan kesukaan, ternyata banyak hal yang dapat kita temukan untuk mewujudkan impian tersebut,” kata Monica saat kampanye Shopee 6.6. Rumah & Hobi Sale.

Baca juga: Cerita Tiga Bisnis dengan Dampak Sosial Luar Biasa

Lalu, apa saja kegiatan hobi yang justru berpotensi menghasilkan uang? Bagaimana cara mengembangkannya menjadi suatu bisnis? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Eksperimen Resep Ala Chef

Buat Anda yang punya hobi memasak, jika ditekuni serius ternyata juga bisa menghasilkan uang yang profitable. Terlebih buat yang senang mencoba resep-resep masakan viral yang memang memiliki cita rasa lezat, dan nikmat.

Apapun masakannya, baik makanan seperti dessert atau kue basah bahkan makanan berat tidak ada salahnya kalau kalian coba untuk memasarkannya, apalagi jika terbukti memang enak. Lalu bagaimana cara memulainya?

Baca juga: 5 Perbedaan Utama antara Usaha dan Startup

Mulailah bisnis ini dengan berjualan kepada kerabat dan saudara terdekat. Tidak ada bisnis yang bisa bertumbuh tanpa memiliki koneksi di awal. Jadi jangan terburu-buru untuk mengincar pasar yang besar, tawarkan kualitas dan rasa yang memang disukai. 

Kemudian rajin belajar mencoba resep baru untuk menambah citarasa. Tetapi jangan sampai semangat dan konsistensi luntur dikarenakan beberapa peralatan yang ada di rumah tidak mendukung untuk bisa merealisasikan hobimu tersebut menjadi cuan.

2. Menggambar, Melukis dan Memiliki Bakat Desain

Kini bisnis kreatif pada bidang seni rupa sudah semakin meluas dan banyak diminati. Berbekal kepiawaian dalam menggambar, melukis, bahkan mendesain dapat menjadi potensi besar dalam menciptakan ladang bisnis untuk diri sendiri.

Namun tahukah Anda bahwa kemampuan seni menggambar tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mendirikan bisnis baju dan menjual lukisan di atas kanvas saja? Tetapi Anda bisa mengaplikasikannya pada medium-medium lain yang juga berpotensi mendapatkan cuan.

Baca juga: Keenan Pearce: Kewirausahaan adalah Proses Perjalanan

Contohnya, seperti menambahkan sentuhan lukisan untuk cover buku, bantal, sprei dan pajangan rumah lainnya agar semakin berkesan dan aesthetic. Atau dapat juga menambahkan sketsa unik untuk talenan, tutup toples dan peralatan rumah lainnya yang dari kayu. 

3. Menjahit Dan Membuat Kerajinan Tangan

Jika selama ini skill menjahit, atau membuat kerajinan tangan hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, kini saatnya Anda untuk mengalihkan hobi tersebut menjadi ide bisnis yang menghasilkan uang di era saat ini.

Sebenarnya menjahit adalah jenis usaha yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan oleh siapapun dan dari rumah. Apalagi jika Anda bisa menyulap barang-barang menjadi lebih menarik dengan kemampuan menjahitmu.

Baca juga: Yasa Singgih: Ada 3 Kunci Utama Membangun Wirausaha

Selain membuat baju, sarung bantal, sprei, dan pakaian lainnya, kemampuan menjahit juga dapat Anda kreasikan untuk menciptakan barang-barang rumah menjadi lebih berkesan, seperti menambahkan bordir nama atau bunga untuk tas bekal makanan, handuk, dan cover bantal, ataupun membuat taplak meja dan sarung botol minum yang dapat Anda komposisikan dengan ornamen manik-manik dan payet. 

4. Segera Realisaikan

Setelah menyadari hobi, skill dan dukungan peralatan yang lengkap, lalu bagaimana nih memulai mengolahnya menjadi bisnis (sumber penghasilan baru) yang bermanfaat? Jelas banyak yang perlu dipersiapkan, tetapi hal pertama yang jangan sampai terlewatkan adalah melakukan survei dan riset terlebih dahulu untuk menemukan tren dan perilaku konsumen saat ini.

Baca juga: 5 Kunci Menjadi Wirausaha Sosial Sukses

Lakukan analisa secara lengkap dan detail agar nantinya barang yang akan Anda jual akan langsung diterima pasar dengan harga yang bersaing. Kemudian, buat strategi pemasaran dan jadikan barangmu memiliki ciri khas tersendiri.

Terakhir, tumbuh di era digital saat ini memudahkan kita para calon penjual untuk melakukan promosi dengan mudah melalui sosial media. Jangan lupa merancang branding dan konten promosi semenarik mungkin untuk menarik para konsumen.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 31, 2022, 7:38 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.