Kampus UMKM Shopee Makassar Siap Bantu UMKM Sulawesi Selatan Naik Kelas

Kampus UMKM Shopee Makassar Siap Bantu UMKM Sulawesi Selatan Naik Kelas

Shopee dan Pemprov Sulawesi Selatan meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar untuk mempercepat pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar dan sekitarnya melalui digitalisasi, guna meningkatkan daya saing dan keterampilan bisnis digital.

Melalui ekosistem bisnis digital, jutaan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia, meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian daerah, serta memperbanyak lapangan kerja.

Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, saat ini, terdapat 1,5 juta UMKM yang terdaftar di Sulawesi Selatan dan sangat penting bagi mereka untuk memiliki added value, health value, dan sertifikasi sistem sehingga produk-produk lokal juga tidak kalah dengan industri-industri besar.

Baca juga: 57 Persen UMKM di Indonesia Andalkan Modal Pinjaman Keluarga dan Teman

“Hadirnya Kampus UMKM Shopee Makassar ini sangat membantu kami dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi para UMKM. Harapannya, kampus ini dapat mendorong peningkatan standar para pelaku UMKM, baik dari sisi packaging, mutu dan kualitas, serta sistem pemasaran, sehingga mereka bisa naik kelas,” ungkap Andi.

Pada kesempatan itu, Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya mengungkapkan, puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee. Karenanya, Shopee kembali memperluas program ini untuk menjangkau lebih banyak UMKM lokal melalui Kampus UMKM Shopee Makassar.

“Kami berharap kampus ini dapat menjadi one-stop service bagi para pelaku UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan agar lebih memahami dan merasakan manfaat digitalisasi untuk perkembangan bisnisnya secara optimal. Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bagi Shopee untuk turut berkontribusi bagi perkembangan perekonomian lokal,” jelas Ade.

Baca juga: Ada Fasilitas dan Insetif dalam Tarif PPN 11 Persen di Masyarakat dan UMKM

Kampus UMKM Shopee Makassar yang terletak di Jalan A. P. Pettarani No. 49, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini hadir dengan berbagai fasilitas dan layanan yang dapat digunakan secara gratis, antara lain:

• Pelatihan Intensif

Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.

• Pendampingan Bisnis

Trainer Shopee siap memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan.

Baca juga: Menteri Teten: Bank Harus Bidik UMKM Potensial Naik Kelas

• Fasilitas Pengembangan Usaha

Fasilitas pengembangan usaha ini dilengkapi studio foto agar UMKM dapat mengambil foto produk yang menarik, ruang live streaming bagi UMKM yang ingin memanfaatkan fitur Shopee Live  untuk mempromosikan produk, dan fasilitas penunjang: dapat dimanfaatkan UMKM seperti ruang pertemuan, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran produk.

“UMKM memiliki peran vital dalam pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Ini menjadi alasan kami untuk terus mendukung perkembangan UMKM melalui akses digitalisasi. Kampus UMKM Shopee Makassar ini ke depannya diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya secara digital,” tutup Ade. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 19, 2022, 8:38 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.