DBS Foundation Kembali Gelar DBS SE Grant 2022

DBS Foundation Kembali Gelar DBS SE Grant 2022

Wirausaha sosial tidak hanya menjalankan bisnis untuk menciptakan dampak sosial, tetapi juga perlu menghasilkan profit untuk menjaga keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang. Dengan tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan bisnis komersial, menjalankan bisnis sosial tentu memerlukan dana yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, sumber pendanaan merupakan salah satu pilihan para wirausaha sosial dalam mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya. Sebagai purpose-driven bank atau bank yang digerakkan oleh tujuan positif, Bank DBS Indonesia berperan serta dalam menumbuhkembangkan wirausaha sosial di Indonesia.

Salah satunya melalui DBS Foundation Social Enterprise Grant (DBSF SE Grant), sebuah program tahunan yang memberikan dana hibah kepada wirausaha sosial untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dan inovasi mereka dalam mengatasi permasalah sosial.

Baca juga: Dua Wirausaha Sosial Asal Indonesia Dapat Dana Hibah dari DBS Foundation

Para wirausaha sosial yang tertarik mengikuti DBSF SE Grant 2022 dapat mengajukan aplikasinya hingga 31 Mei 2022 melalui website Bank DBS. Aplikasi yang diterima sebelum 31 Mei 2022 pukul 23.59 (waktu Singapura, GMT +8) akan dievaluasi tahun ini, sedangkan aplikasi yang diterima setelah waktu tersebut akan dievaluasi untuk program grant tahun depan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemenang SE Grant tahun ini akan mendapatkan dukungan komprehensif dari DBS Group dan DBS Foundation melalui capacity-building, mentorship, kesempatan berjejaring bisnis, dan pembentukan kesadaran akan kewirausahaan sosial. Dana yang diberikan tahun ini mencapai SGD250.000.

Selain pendanaan bagi wirausaha sosial, DBS Foundation tahun ini untuk pertama kalinya meluncurkan program dana hibah bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau Small and medium-sized Enterprise (SME) yang ingin menciptakan dampak positif. Dana hibah yang diberikan DBS Foundation bagi UMKM pemenang mencapai SGD 100.000.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis yang Perlu Diketahui Social Entrepreneur

Pemenang dana hibah akan mendapatkan pendampingan serta pelatihan dari DBS Foundation dan Bank DBS untuk memetakan tonggak pencapaian dan dampak positif yang akan dicapai dalam dua tahun pertama. Setelah berhasil, DBS Foundation akan memberikan pendanaan kepada UMKM pemenang. Pelaku UMKM dapat mengajukan aplikasi melalui website bank DBS.

Sebelumnya, Bank DBS Indonesia mengadakan DBS Foundation Social Enterprise MeetUp: Raise Money, Raise Awareness dengan tujuan mempertemukan para wirausaha sosial untuk membedah langsung kiat menulis proposal dana hibah yang baik.

Baca juga: Bikin Bangga, 3 Anak Muda Bawa Produk Lokal ke Pasar Internasional

Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika mengatakan, dana hibah merupakan sumber pendanaan yang tepat bagi wirausaha sosial karena sifatnya yang bukan hutang, melainkan pemberian berlandaskan asas kepercayaan. Dia mengimbau para wirausaha sosial dan start-up untuk mengikuti DBSF SE Grant 2022 yang telah dibuka.

“Dengan adanya acara DBS Foundation Social Enterprise MeetUp: Raise Money, Raise Awareness ini, kami berharap setiap wirausaha sosial mendapatkan gambaran jelas mengenai bagaimana menulis proposal yang baik sehingga meningkatkan peluang untuk lolos,” ucap Mona Monika.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 21, 2022, 9:59 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.