Tidak Dapat THR? Lapor Saja ke Posko THR Kemenaker

Tidak Dapat THR? Lapor Saja ke Posko THR Kemenaker

Sudah menjadi kewajiban bagi pengusaha atau pemberi kerja untuk memberikan THR (Tunjangan Hari Raya) di setiap hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idulfitri. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mewajibkan perusahaan membayar THR kepada pekerja minimal 7 hari sebelum Lebaran 2022. Artinya, jika Lebaran jatuh pada 2 Mei 2022, maka THR harus sudah diberikan pada 25 April 2022.

Bagaimana kalau hingga batas waktu tersebut THR belum juga diberikan? Apa yang harus dilakukan oleh pekerja atau buruh? Jika pekerja atau buruh belum mendapatkan THR, Kemenaker telah menyiapkan Posko THR baik secara luring maupun daring virtual sebagai sarana konsultasi atau pengaduan terkait THR.

Baca juga: Isi Surat Edaran Menaker Terkait Pemberian THR 2022

Karyawan atau pekerja yang tidak mendapatkan THR 2022 dan ingin melaporkan apa pun terkait THR dapat mendatangi Posko THR Kemenaker secara langsung atau melalui laman resmo Posko THR di https://poskothr.kemnaker.go.id.

 “Kementerian Ketenagakerjaan telah membentuk Posko THR untuk memberikan pelayanan konsultasi dan penegakan hokum dalam rangka pemantauan dan pengawasan kepatuhan pelaksanaan THR keagamaan tahun 2022,” ungkap Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam konferensi virtualnya, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Menaker: Tahun Ini THR Harus Kontan, Tidak Boleh Dicicil Lagi

Kemnaker juga telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2022, Kementerian Ketenagakerjaan mengimbau dua hal kepada pengusaha atau pemberi kerja.

Pertama, melalui Disnaker, perusahaan diimbau agar segera menunaikan kewajiban memberikan THR Keagamaan kepada pekerja atau buruh. Kedua, bagi perusahaan yang memiliki profit tinggi dan ekspansi makin baik, diimbau memberikan THR lebih kepada pekerja atau buruh.

Pada kesempatan lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menjelaskan, seperti tahun sebelumnya, Kemenaker ingin pelaksanaan pemberian THR Keagamaan tahun 2022 berjalan efektif. Salah satu langkah yang disiapkan, yakni Posko THR virtual. 

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama Idulfitri Mulai 29 April hingga 6 Mei 2022

Anwar Sanusi menambahkan apabila ingin menanyakan lebih teknis terkait pemberian THR, Kemnaker pun melayani aduan atau konsultasi secara langsung. “Kami satukan dengan layanan atau aduan yang selama ini melekat menjadi unit aduan atau konsultasi, yakni melalui PPID di Kemnaker,” ujarnya.

“Diharapkan Posko THR yang disiapkan secara virtual dimanfaatkan oleh Disnaker provinsi, kabupaten/kota untuk menyampaikan ke perusahaan di wilayahnya, agar kita dapat memonitor bagaimana aduan/konsultasi yang masuk dalam kanal https://poskothr.kemnaker.go.id,” tambah Anwar Sanusi dalam Rakor dengan Kadisnaker Provinsi se-Indonesia secara virtual pada Senin (11/4/2022).


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 12, 2022, 4:47 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.