Tumbuh 20 Persen, Laba Bersih Bank OCBC NISP Mencapai Rp2,5 Triliun

Tumbuh 20 Persen, Laba Bersih Bank OCBC NISP Mencapai Rp2,5 Triliun

Bank OCBC NISP mencatat peningkatan laba bersih sebesar 20 persen yoy atau mencapai Rp2,5 triliun yang didorong oleh peningkatan pendapatan bunga bersih sebesar 7 persen yoy serta diiringi dengan penurunan beban cadangan kerugian penurunan nilai sebesar 7 persen yoy. Di sisi lain, pendapatan operasional lainnya turun 8 persen dan beban operasional meningkat 2 persen yoy.

Bank OCBC NISP mencatat pertumbuhan DPK sebesar 6 persen YoY menjadi Rp168 T, dengan komposisi 51 persen terdiri dari dana murah/CASA (giro dan tabungan), serta 49 persen merupakan Deposito. Total Aset Bank tumbuh sebesar 4 persen menjadi Rp214,4 triliun pada akhir tahun 2021.

Bank juga berhasil mencatat pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 5 persen, sejalan dengan industri, menjadi Rp120,8 triliun terutama didorong oleh pertumbuhan kredit ritel. Fungsi intermediasi ini dijalankan dengan prinsip kehati-hatian, terlihat dari rasio NPL terjaga di bawah rata-rata NPL industri perbankan dan ketentuan regulator, di mana net NPL pada posisi 0,9 persen dan NPL bruto pada posisi 2,4 persen.

Baca juga: Nilai Transaksi ONe Mobile Bank OCBC NISP Meningkat 20 Persen

Bank mampu menjaga rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio - CAR) di akhir tahun 2021 mencapai 23,0 persen, di atas level yang dipersyaratkan oleh regulator. Selain itu, Bank juga mampu menjaga rasio efisiensi, Cost-to-Income Ratio dan rasio BOPO yang masing-masing sebesar 43,4 persen dan 76,5 persen.

“Kami terus mengakselerasi dan mentransformasi kemampuan dan kapabilitas bank untuk menghadirkan inovasi dan inisiatif yang relevan dengan kebutuhan nasabah individu dalam mengelola dan mengembangkan dananya serta nasabah korporasi untuk mempertahankan atau menumbuhkan bisnisnya,” kata Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja dalam paparan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Bank OCBC NISP 2022, Selasa (5/4/2022).

OCBC NISP melihat bahwa pembiayaan berwawasan lingkungan merupakan bagian penting dari ekonomi cerdas yang harus terus didorong. Sebagai salah satu dari 10 bank terbesar di Indonesia dari segi aset dan bagian dari Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI), Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberikan solusi keuangan berkelanjutan untuk nasabah retail dan korporasi agar mampu #MelajuJauh memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial.

Baca juga: Waspada 4 Modus Penipuan Online di Saat Ramadan

Bank secara berkelanjutan meneruskan eksplorasi atas potensi calon Debitur atau Debitur yang memiliki usaha yang bergerak pada sektor yang mendukung pembiayaan hijau (green financing). Per 31 Desember 2021, Bank telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan (sustainability financing) sebesar Rp30,89 Triliun, dimana 40 persen di antaranya merupakan penyaluran dalam bentuk green financing.

Komitmen Bank OCBC NISP terhadap pembiayaan berkelanjutan juga tercermin dari akses pembiayaan kepada pelaku usaha berdasarkan aspek kesetaraan gender melalui program TAYTB Women Warrior. Hingga Desember 2021, Bank telah menyalurkan pembiayaan kepada lebih dari 1.000 pengusaha perempuan.

 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 6, 2022, 8:17 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.