Apa Akibat Tidak Melakukan Pengkinian Data Perbankan?

Apa Akibat Tidak Melakukan Pengkinian Data Perbankan?

Banyak orang meremehkan pengkinian data perbankan. Padahal banyak manfaat dari pengkinian data dalam transaksi perbankan. Dengan tidak melakukan pengkinian data, bank tidak akan memiliki data terbaru Anda. Sehingga bank tidak dapat mengidentifikasi kesesuaian antara data profil dengan data transaksi nasabah yang ada.

Maksud dari pengkinian data dalam perbankan adalah suatu proses pembaruan data-data yang sudah Anda daftarkan pada suatu bank, atau suatu perusahaan penyedia jasa keuangan lainnya. Pengkinian data biasanya mencakup data-data pribadi yang umum, seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Melek Finansial Sangat Penting

Dikutip dari laman resmi BCA, salah satu manfaat dari pengkinian data adalah keamanan finansial. Dengan melewati proses pengkinian data perbankan, data finansial Anda akan lebih rentan untuk dicuri. Maka dari itu, alangkah lebih baik untuk Anda mengenal terlebih dahulu mengenai pengkinian data.

Misalnya, Anda ganti nomor ponsel. Padahal nomor ponsel lamanya masih terkoneksi dengan mobile banking Anda. Jika Anda tidak segera melakukan pengkinian data, maka akun mobile banking atau kartu debit atau kartu kredit Anda akan rentan dari penyalahgunaan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. 

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Sistem Pembayaran Perbankan

Apa itu Pengkinian Data Perbankan?

Terdapat banyak sekali manfaat pengkinian data dalam transaksi perbankan karena bertransaksi di era digital memerlukan beberapa fitur keamanan yang baru, seperti kode OTP, notifikasi transaksi, dan informasi perbankan lainnya. 

Jadi, salah satu manfaat pengkinian data adalah untuk menjaga keamanan finansial Anda dari penyalahgunaan oleh pihak lain. Misalnya, ketika Anda mengganti nomor HP, Anda harus melakukan pengkinian data agar nomor yang terhubung dengan BCA mobile adalah nomor baru Anda.

Baca juga: 5 Tren Akselerasi Digital Menurut Bank Indonesia

Pengkinian data akan diminta ketika suatu bank akan meningkatkan layanannya untuk Anda. Dan bank memerlukan data Anda yang lebih akurat sebagai proses verifikasi. Selain peningkatan layanan dan fitur, manfaat pengkinian data dalam transaksi perbankan adalah menjauhi Anda sebagai nasabah dari segala tindak penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pengkinian data juga merupakan suatu proses pembaharuan data yang diakui dan diatur oleh OJK melalui peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/POJK.01/2017 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang Dan Pencegahaan Pendanaan Terorisme Di Sektor Jasa Keuangan. Jadi untuk Anda yang sangat berhati-hati dalam menjaga data finansial, tidak perlu panik karena pengkinian data merupakan proses yang aman.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 30, 2022, 8:18 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.