Tren BNPL Meningkat, Bank DBS Indonesia Luncurkan Kartu Kredit Digital Digibank Black

Tren BNPL Meningkat, Bank DBS Indonesia Luncurkan Kartu Kredit Digital Digibank Black

Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan Mastercard meluncurkan Kartu Kredit Digital digibank Black. Hal ini sejalan dengan peningkatan tren buy now, pay later (BNPL) dan melanjutkan inovasi kartu kredit digital DBS yang dapat memberikan persetujuan dalam 60 detik.

Dikutip dari laman globenewswire.com, tren BNPL di Indonesia diprediksi berkembang hingga 72,8 persen di penghujung 2021 dan akan meningkat di tahun 2022. Seiring dengan adanya keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup setelah pandemi, penggunaan BNPL saat ini tidak lagi hanya dalam memenuhi kebutuhan primer.

Faktanya, tren BNPL sudah mulai menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi gaya hidup yang serba cepat, yakni berbelanja peralatan elektronik dan kebutuhan fashion, hingga melakukan perencanaan liburan melalui e-commerce. Tercatat sebanyak 30 persen orang telah meningkatkan pengeluaran online mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca juga: Tren Fitur PayLater di E-Wallet Kian Populer

Tren layanan buy now, pay later (BNPL) kian diminati karena dinilai memberikan kemudahan dalam bertransaksi, cepat, serta menghadirkan pilihan cicilan yang dapat membantu masyarakat dalam mengatur cash flow sembari memenuhi gaya hidup sesuai kebutuhan penggunaannya.

Mencermati tren ini, Rudy Tandjung, Consumer Banking Director PT Bank DBS Indonesia mengatakan, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan perbankan yang serba instan dan mudah, Bank DBS Indonesia secara konsisten melengkapi layanan perbankan digital dengan melluncurkan Kartu Kredit Digital digibank Black.

“Kartu Kredit Digital digibank Black yang akan memperkuat komitmen kami dalam memberikan solusi perbankan yang inovatif, serta membantu akselerasi ekosistem dan inklusi finansial melalui kolaborasi strategis dengan berbagai mitra,” katanya dalam keterangan pers, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Plus Minus Menggunakan PayLater di E-commerce

Peningkatan gaya hidup menggunakan alternatif BNPL tak luput dari peranan perbankan digital yang turut mendukung kemudahan transaksi nasabah sehari-hari, terlebih di masa pandemi. Hal ini sejalan dengan data Bank Indonesia yang mencatatkan peningkatan nilai transaksi digital banking sebesar 47,08 persen secara tahunan (year on year) menjadi Rp3.877,3 triliun di November 2021.

Selain itu, Bank DBS Indonesia melihat terjadinya peralihan dari perilaku berbelanja nasabah menuju online di sepanjang tahun 2021. Hal ini terbukti berdasarkan atas data internal DBS yang menemukan kategori transaksi yang paling banyak digunakan saat ini adalah transaksi di merchant online, seperti e-commerce. 

Navin Jain selaku Country Manager, Indonesia, Mastercard menjelaskan, Mastercard percaya bahwa menghadirkan fasilitas kredit yang lebih cepat kepada para konsumen, dan memberikan mereka akses ke jaringan penerimaan Mastercard yang luas akan membantu meningkatkan ekonomi digital Indonesia, serta meningkatkan inklusi keuangan. 

Baca juga: Bank DBS Indonesia Dorong Pertumbuhan UMKM Lewat Aplikasi CARInih

Kerja sama antara digibank by DBS dan Mastercard ini bertujuan untuk memberikan solusi keuangan dengan proses kredit yang mudah, cepat, dan aman bagi masyarakat. Kartu Kredit digital digibank Black menawarkan:

• Fitur BNPL nol persen dengan tenor pembayaran selama 3 (tiga) bulan untuk semua transaksi ritel di mana pun. Cukup akses aplikasi digibank by DBS setelah bertransaksi untuk mengubah transaksi menjadi cicilan.

• Merchant acceptance yang luas, produk ini dapat digunakan di dalam negeri maupun luar negeri, secara offline maupun online. 

• Keuntungan lainnya bagi nasabah adalah mendapatkan 5 kali poin rewards untuk transaksi di merchant supermarket dan pom bensin. 

• Poin rewards yang didapatkan oleh nasabah dapat ditukarkan dengan voucher belanja, airlines mileage, cashback, dan lain-lain melalui aplikasi digibank by DBS.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 29, 2022, 7:23 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.