Kampus UMKM Shopee Perkuat Digitalisasi UMKM di Ibu Kota Negara Nusantara

Kampus UMKM Shopee Perkuat Digitalisasi UMKM di Ibu Kota Negara Nusantara

Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal melalui digitalisasi akan mendukung perputaran ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, seiring dengan rencana pengembangan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara) dalam beberapa tahun ke depan. 

Oleh karena itu, Shopee dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meresmikan Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur sebagai kampus pertama di Pulau Kalimantan, sekaligus yang ketujuh di Indonesia. Kampus ini berfokus untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM Kalimantan Timur hingga dapat memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia.

Peningkatan kapasitas UMKM akan berperan positif dalam perekonomian Kalimantan Timur, menyusul pertumbuhan ekonomi sebesar 2,48 persen di tahun 2021; yang membuat Kalimantan Timur menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Pulau Kalimantan.

Baca juga: 57 Persen UMKM di Indonesia Andalkan Modal Pinjaman Keluarga dan Teman

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengatakan, hadirnya Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur ini juga diharapkan dapat memperkuat ekosistem digital di sekitar wilayah IKN Nusantara khususnya bagi para pelaku UMKM. 

“Kehadiran Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur menambah dukungan bagi UMKM untuk memaksimalkan penjualan dan produktivitas usaha,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Duitologi, Senin (28/3/2022).

Pada kesempatan itu, Head of Public Policy Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menegaskan, Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur hadir sebagai kelanjutan komitmen untuk membawa lebih banyak UMKM lokal bisa naik kelas melalui adopsi teknologi dalam ekosistem pasar digital. Kita sudah melihat banyak kisah sukses UMKM lokal yang berhasil maju dan berdaya bersama Kampus UMKM Shopee.

“Peningkatan keterampilan digital menjadi prioritas utama dalam upaya digitalisasi bagi UMKM lokal. Kami berharap, kampus ini bisa mendukung perluasan jangkauan bisnis UMKM, serta turut mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional melalui pelatihan untuk bisa masuk ekosistem digital yang kami berikan,” ucap Radityo.

Baca juga: Strategi Percepatan Pemulihan Ekonomi Menuju Endemi COVID-19

Kampus yang berada di Jalam Sentosa No 27, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur ini hadir dengan berbagai fasilitas dan layanan dalam memberikan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM lokal. 

• Edukasi bagi UMKM

Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, bagaimana cara mengoptimalisasi sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.

Baca juga: 5 Tren Akselerasi Digital Menurut Bank Indonesia

• Pendampingan bisnis bagi UMKM

Trainer Shopee disediakan sebagai perpanjangan tangan dari para pelaku UMKM dalam pendampingan bisnis terkait edukasi dan pelatihan mengenai administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis. Para pelaku UMKM akan dibimbing agar secara efektif mengurus pembukuan yang sudah terdigitalisasi di aplikasi Shopee.

• Studio Foto dan Live Streaming

Turut menunjang bisnis dari pelaku UMKM, Shopee menghadirkan fasilitas pendukung seperti ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan live streaming, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 29, 2022, 7:20 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.