10 Jenis Reksa Dana Syariah yang Terdaftar di OJK

10 Jenis Reksa Dana Syariah yang Terdaftar di OJK

Investasi reksa dana syariah mulai dilirik investor sebagai alternatif investasi, selain reksa dana konvesional. Terlebih bagi investor yang ingin mengembangkan aset dengan tetap mengedepankan hukum syariat Islam. Pasalnya, instrumen investasi reksa dana syariah dikelola dengan menerapkan konsep halal dan bebas riba.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksa dana syariah adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga.

Surat berharga tersebut seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah Islam antara lain dengan portofolio penempatan dana di instrumen keuangan syariah seperti saham syariah dan sukuk.

Baca juga: Potensi dan Minat Reksa Dana Syariah Cukup Besar di Indonesia

Produk Reksa Dana Syariah Terdaftar OJK

Saat ini, setidaknya ada 10 produk investasi reksa dana syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa keuangan (OJK). Jenisnya pun beragam mulai dari reksa dana syariah pasar uang, reksa dana syariah pendapatan tetap, reksa dana syariah campuran, reksa dana syariah saham, hingga reksa dana syariah obligasi. 

Jenis reksa dana itu bisa menjadi pilihan investasi yang sesuai dengan potofolio yang ingin dicapai. Setiap jenis reksa dana syariah itu menawarkan tingkat imbal hasil yang berbeda-beda. Berikut ini 10 daftar reksa dana syariah resmi di OJK:

PRODUK REKSA DANA SYARIAH

JENIS

AUM (RP MILIAR)

Sucorinvest Sharia Money Market Fund

Pasar Uang

2.489,30

BNP Paribas Pesona Syariah

Saham

833,57

Sucorinvest Sharia Equity Fund

Saham

702,60

Eastspring Syariah Fixed Income Amanah

Obligasi

689,43

Bahana Likuid Syariah Kelas G

Pasar Uang

563,53

Majoris Sukuk Negara Indonesia

Obligasi

434,00

Manulife Syariah Sektoral Amanah Kelas

Saham

245,84

BNI-AM Dana Lancar Syariah

Pasar Uang

244,53

Schroder Syariah Balanced Fund

Campuran

214,06

Batavia Dana Saham Syariah

Saham

164,48

TRIM Syariah Saham

Saham

147,51

Hukum Reksa Dana Syariah

Secara legalitas hukum, produk investasi reksa dana syariah ini sudah memperoleh izin dari OJK melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 33/POJK.04/2019 tentang Penerbitan Dan Persyaratan Reksa Dana Syariah.

Baca juga: Meski Pandemi, Pasar Modal Syariah Tetap Bertumbuh 45,95 Persen

Dalam POJK tersebut diterbitkan sebagai upaya mengikuti perkembangan inovasi produk investasi dan memberikan alternatif investasi syariah bagi investor. Lebih luas lagi, instrumen investasi syariah ini juga untuk mendorong perkembangan industri pasar modal syariah di Indonesia.

Selain POJK, produk reksa dana syariah juga telah diakui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI. Hal itu berdasarkan Fatwa MUI No. 20/DSN-MUI/IV/2001. Fatwa tersebut menyatakan, hukum reksa dana syariah itu mubah. Reksa dana syariah juga menerapkan praktik akad mudharabah dan wakalah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 25, 2022, 9:04 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.