3 Alasan Mengapa Melek Finansial Sangat Penting

3 Alasan Mengapa Melek Finansial Sangat Penting

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan keuangan yang tenteram dan aman. Tidak peduli apakah dia statusnya masih lajang atau sudah berkeluarga. Namun, untuk mencapai ketenteraman dan keamanan finansial itu harus disertai dengan melek finansial, dalam arti pemahaman literasi keuangan yang baik.

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa financial fit itu bisa dicapai dengan pendapatan gaji yang besar. Akan tetapi, banyak contoh membuktikan, penghasilan yang besar tanpa pengelolaan keuangan yang baik akan berakhir sia-sia. Satu-satunya cara mencapainya dari segi keuangan adalah dengan melek secara finansial.

Pengertian Melek Finansial

Gerakan Literasi Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberi pengertian bahwa melek finansial adalah kecakapan dalam mengaplikasikan pengetahuan terkait konsep dan resiko sehingga mampu mengambil keputusan efektif terkait finansial agar kesejahteraan finansial meningkat, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Baca juga: LPS: Literasi Keuangan Dapat Memperkecil Dampak Kejahatan Siber

Secara umum, pengertian melek finansial adalah kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan secara teratur dengan sejumlah ilmu pengetahuan dan keterampilan agar mampu mencapai kesejahteraan hidup.

Literasi Keuangan dan Melek Finansial

Literasi keuangan adalah hal yang penting dipelajari agar melek finansial, terutama bagi pekerja baru dan orang dengan tanggungan keluarga. Selengkapnya tentang pentingnya literasi keuangan adalah berikut ini.

1. Mengelola Keuangan secara Teratur

Informasi dan wawasan literasi keuangan akan membuat Anda mampu mengatur keuangan dengan baik. Dengan literasi keuangan, alokasi finansial dapat terdistribusi secara lebih bijak dan terencana. Sehingga terciptanya kondisi keuangan yang sehat dan seimbang.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Mewujudkan Melek Finansial

2. Mengurangi Risiko menjadi Korban Penipuan

Literasi keuangan membuat Anda memiliki banyak pengetahuan terkait keuangan. Pengetahuan ini akan membantu Anda menyeleksi produk/layanan finansial asli dan mana yang penipuan. Sehingga Anda bisa menghindarkan diri dari kerugian.

3. Mempunyai Kesejahteraan Hidup

Dalam jangka panjang, literasi keuangan akan membantu Anda mencapai kesejahteraan dan ketentraman hidup. Di fase-fase awal mempelajari literasi keuangan, Anda mungkin harus meluangkan waktu untuk mempraktikkan ilmunya. Akan tetapi, kesusahan ini akan terbayarkan dengan kondisi finansial lebih baik.

“Literasi kuangan membuat generasi saat ini bisa memiliki pengetahuan terkait keuangan. Agar generasi muda mencapai Financially Fit perlu didukung dengan kedisplinan dan endurance, sehingga tercipta kebiasaan yang baik,” ujar Executive Vice President, Wealth Management Head OCBC NISP Juky Mariska.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 21, 2022, 7:42 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.