Kampus UMKM Shopee Perluas Akses Keterampilan Digital UMKM Kota Medan

Kampus UMKM Shopee Perluas Akses Keterampilan Digital UMKM Kota Medan

Shopee kembali meresmikan Kampus UMKM Shopee di Medan, Sumatera Utara. Kampus pengembangan bisnis UMKM lokasl ini menjadi kampus yang pertama di Sumatera dan keenam di Indonesia.

Kampus UMKM Shopee Medan ini hadir untuk mendorong ekspansi bisnis para usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Medan dan sekitarnya. Kampus ini diharapkan dapat mempermudah akses peningkatan keterampilan digital UMKM lokal, yang akan membantu mereka memperluas jangkauan pasar ke seluruh Indonesia melalui ekosistem pasar yang modern. 

Dalam peresmian Kampus UMKM Shopee Medan, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan, saat pelaku UMKM di Kota Medan membutuhkan perhatian khusus, tentang bagaimana produk mereka bisa diketahui masyarakat dan konsumen dengan lebih memperhatikan packaging dan promosi, yang selama ini belum pernah dilakukan dan didapatkan ilmunya oleh mereka.

Baca juga: 57 Persen UMKM di Indonesia Andalkan Modal Pinjaman Keluarga dan Teman

“Shopee diharapkan dapat menampung dan memberikan edukasi bagi pelaku UMKM yang telah atau akan membuat produk. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Shopee. Mudah-mudahan kegiatan yang kita lakukan diberkahi dan diridai, sehingga kebaikan yang kita lakukan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Medan untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM,” jelas Bobby.

Pada kesempatan itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto menjelaskan, era digital membawa tantangan bagi UMKM Indonesia, termasuk di Kota Medan. Kampus UMKM Shopee hadir untuk membawa solusi, dengan mendorong para pelaku UMKM di Medan dan sekitarnya, melalui sosialisasi, edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk dapat menghadapi tantangan di era digital.

“Secara jangka panjang, dengan kehadiran Kampus UMKM Shopee diharapkan para pelaku UMKM lebih memahami dan merasakan manfaat dari digitalisasi dan akhirnya dapat mengembangkan bisnis mereka secara optimal melalui ekosistem digital bersama kami,” ucapnya.

Fasilitas dan Layanan di Kampus UMKM Shopee Medan

Kampus UMKM Shopee Medan yang berlokasi di Jalan Bambu 2 No. 80, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan ini memiliki berbagai fasilitas dan layanan untuk pelatihan dan pendampingan para UMKM lokal. Seluruh fasilitas dan layanan tersedia gratis dan dapat digunakan meliputi:

• Edukasi bagi UMKM

Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, bagaimana cara mengoptimalisasi sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee seperti Shopee Pinjam.

Baca juga: Cerita Natali, UMKM Asal Solo yang Sukses Pekerjakan 77 Karyawan

• Pendampingan bisnis bagi UMKM

Trainer Shopee disediakan sebagai perpanjangan tangan dari para pelaku UMKM dalam pendampingan bisnis terkait edukasi dan pelatihan mengenai administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis. Para pelaku UMKM akan dibimbing agar secara efektif mengurus pembukuan yang sudah terdigitalisasi di aplikasi Shopee.

• Studio Foto dan Live Streaming

Turut menunjang bisnis dari pelaku UMKM, Shopee menghadirkan fasilitas pendukung seperti ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan live streaming, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 18, 2022, 6:18 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.