Transfer Online Lebih Murah dan Real-Time dengan BI-FAST

Transfer Online Lebih Murah dan Real-Time dengan BI-FAST

Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan layanan BI Fast Payment (BI-FAST) yang berguna untuk transfer mata uang Rupiah antar-bank secara online menjadi lebih murah. Apabila transfer uang sebelumnya dikenakan biaya admin sebesar Rp6.500, kini turun menjadi Rp2.500. Namun, biaya transfer antar-bank sebesar Rp2.500 itu hanya berlaku untuk bank yang terdaftar di layanan BI-FAST saja.

BI-FAST merupakan tonggak penting reformasi digitalisasi sistem pembayaran nasional. Infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional ini dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat selama 24 jam.

Layanan ini bukanlah aplikasi terpisah sendiri yang diunduh layaknya aplikasi di App Store ataupun Play Store. Layanan BI-FAST tersedia dan telah embedded di mobile banking di bank yang telah terdaftar. Sebagai contoh, pembayaran ritel atau transfer mata uang Rupiah antar bank secara online dan real time melalui aplikasi Bank OCBC NISP, yaitu ONe Mobile. Fitur ini sendiri mulai berlaku pada 3 Maret 2022.

Baca juga: Peserta BI-FAST Bertambah 22, Berikut Daftar Lengkapnya

Nah, sekarang Anda pasti bertanya sebenarnya apa sih keuntungan transaksi menggunakan BI-FAST ini? Pada prinsipnya terdapat empat keuntungan dalam BI-FAST, yakni cepat, aman, simpel, dan hemat. Cepat di mana transfer online dan dapat diterima secara real time dengan limit transfer hingga Rp250 juta per transaksi atau hingga Rp1 miliar per hari

Aman karena sistem pembayaran resmi dari Bank Indonesia. Simpel yakni nasabah bisa dengan rekening, nomor ponsel dan alamat email dan hemat di mana biaya transaksi hanya Rp2500, bahkan bisa gratis untuk nasabah tertentu

Selain muncul di mobile banking, untuk saat ini layanan BI-FAST juga tersedia di teller. Apabila layanan ini sudah terimplementasi, batas maksimal transfer menggunakan layanan BI-FAST adalah sebesar Rp250 juta per transaksi atau hingga Rp1 miliar per hari.

Baca juga: Lewat BI-FAST, Tarif Transfer Antarbank Cuma Rp2.500

Sebagai informasi saat ini BI-FAST bisa digunakan antar Lembaga perbankan yang sudah terkoneksi dalam jaringan BI-FAST diantaranya: Bank Mandiri, BCA, BTN, UOB, BNI, BRI, Bank Mega, Permata, dan OCBC NISP tentunya.

Jangan ragu bagi Anda yang ingin memanfaatkan infrastruktur sistem pembayaran terbaru ini yaa.. Sangat mudah dilakukan dan hemat untuk mengurangi biaya transfer antarbank. Dengan adanya optimilisasi value added layanan BI-FAST yang consumer centric bisa sebagai pembuka jalan bagi inklusi keuangan dan pemulihan ekonomi melalui efisiensi transaksi nasabah setiap harinya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 14, 2022, 7:15 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.