Dorong UMKM Go Digital, Youtap Luncurkan Program Mitra Usaha

Dorong UMKM Go Digital, Youtap Luncurkan Program Mitra Usaha

Di usianya yang menginjak dua tahun, Youtap terus mendorong upaya mendigitalisasi pelaku bisnis khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mulai berbuah nyata. Youtap mengalami pertumbuhan yang siginifikan, di mana hingga saat ini telah diadopsi oleh 300 ribu pelaku usaha yang tersebar di 520 kota/kabupaten di seluruh Indonesia..

Untuk lebih memperluas digitalisasi UMKM, kali ini Yuotap meluncurkan program Mitra Usaha sebagai solusi digital yang end-to-end dan all-in-one untuk pelaku usaha. Program ini menjadi solusi digital seperti dari memulai usaha, mengelola usaha, menerima pembayaran non-tunai, membeli stok, mendapatkan akses ke layanan keuangan, memiliki media jualan online, hingga menjalankan promosi dan pemasaran.

CEO Youtap Indonesia Herman Suharto mengakui, selama dua tahun berdiri, Youtap secara aktif mendengarkan berbagai aspirasi dan melakukan riset pasar untuk mengerti kebutuhan pelaku usaha. Pihaknya terus memberikan layanan yang inovatif dan solutif agar mereka dapat bertahan dan berkembang, dari mulai layanan pencatatan digital hingga Belanja Stok.

Baca juga: 5 Perbedaan Utama antara Usaha dan Startup

“Kita melihat tantangan menjadi semangat. Pandemi menjadi opportunity untuk memberikan solusi bagi mitra agar tetap berkembang. Keadaan pasar terdampak, tapi kita sebagai perusahaan tergerak untuk menbantu mereka,” kata Herman dalam acara Peluncuran Program Mitra Usaha Youtap secara virtual, Rabu (9/3/2022).

Selain itu, dalam ekosistem Youtap juga bermitra dengan ratusan ribu pelaku usaha UMKM dan korporasi, juga lembaga keuangan untuk saling terhubung sehingga pelaku usaha dari berbagai skala. Tidak sampai di situ, Youtap secara proaktif menciptakan solusi cepat dan mudah bagi mereka yang memiliki mimpi membuka usaha, dengan solusi all-in-one dalam layanan Mitra Usaha.

Youtap juga secara konsisten melakukan digitalisasi ekosistem pasar basah, dengan tujuan agar usaha yang dijalankan para pedagang akan semakin modern sesuai dengan perubahan perilaku konsumen saat ini yang serba digital.

Hingga kini sudah ada lebih dari 12.000 ekosistem yang telah bergabung bersama Youtap. Salah satunya adalah pasar Pasar Segar Bintaro yang menjadi lokasi acara peluncuran Mitra Usaha Youtap. Ke depannya, Youtap akan terus mendorong digitalisasi lebih banyak pasar-pasar tradisional di berbagai wilayah Indonesia untuk menjadi pasar yang modern dan go-digital.

Youtap melihat pentingnya para pelaku usaha untuk meningkatkan strategi pemasaran termasuk merambah dunia sosial media untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, Youtap menawarkan solusi usaha Layanan Pemasaran yang akan membantu UMKM mendapatkan kebutuhan seperti logo, perabot usaha, dan konten sosial media lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk semakin mematangkan usahanya.

Herman menambahkan, dengan edukasi dari Youtap, mereka bisa memiliki strategi untuk memenangkan hati pada konsumen. Semua inovasi yang ada di Youtap diciptakan untuk memberikan layanan yang menyeluruh, termasuk untuk menjaga kinerja bisnis dan menunjang kepuasan pelanggan.

Baca juga: Bisnis di Balik Tren: Sukses Instan atau Sukses Semu?

“Tentunya, kami ingin lebih banyak lagi pelaku usaha yang terbantu dengan solusi-solusi yang kami ciptakan, sehingga usahanya semakin maju dan mantap. Komitmen kami dalam mengajak lebih banyak pelaku usaha bergabung ke dalam ekosistem digital juga turut membantu mewujudkan target pemerintah, 30 juta UMKM Go Digital pada 2024 dan tercipta pemulihan ekonomi Indonesia,” tutup Herman.

Di dalam ekosistem digital untuk pelaku usaha Youtap, ada hubungan yang saling memberdayakan dan menciptakan kemitraan antara pemasok, pelaku UMKM, enterprise dan lembaga keuangan. Partner skala enterprise seperti JAPFA Best Meat dan Sosro sudah bergabung sebagai pemasok dan ratusan ribu produknya sudah dimanfaatkan kembali oleh merchant UMKM Youtap sebagai produk jualan.

Selain itu, kemudahan teknologi Youtap sebagai aplikasi pembayaran digital juga dirasakan oleh para pedagang gerobak sepeda Sari Roti yang telah mampu menjual barangnya lebih seamless dengan metode pembayaran digital sekaligus fitur PHP (Pesan dari Hape) yang mampu menawarkan cara memesan dan membayar lebih mudah bagi pelanggan-nya, dimanapun dan kapanpun melalui e-menu yang terintegrasi.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 9, 2022, 4:27 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.