Tahun ini, Amartha Fokus Perkuat Pembayaran Digital

Tahun ini, Amartha Fokus Perkuat Pembayaran Digital

Sebagai perusahaan fintech yang terus berupaya untuk menjangkau lebih banyak lagi pelaku usaha UMKM, pada tahun ini, PT Amartha Mikro Fintek (Amartha)  akan semakin gencar dalam melakukan inovasi digital seperti penerapan pembayaran cashless, penerapan proses administrasi digital, serta mengoptimalkan layanan berbasis aplikasi seperti Amartha+ untuk para mitra Amartha.

CEO & Founder Amartha Andi Taufan Garuda Putra mengatakan, digitalisasi desa merupakan salah satu tujuan utama Amartha dalam melayani masyarakat yang belum terlayani. Tantangannya memang cukup besar, karena literasi digital di pedesaan masih tertinggal cukup jauh daripada literasi digital masyarakat perkotaan.

“Oleh sebab itu, kami sudah mulai aktif memberikan edukasi literasi digital dan finansial, agar saat program digitalisasi desa ini benar-benar diterapkan, para mitra sudah siap untuk menggunakannya”, ujar Taufan dalam keterangan resminya, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Amartha Bidik Investor Milenial untuk Mulai Impact Investing

Amartha menargetkan untuk dapat melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah lainnya di tahun 2022 ini. Untuk wilayah Sumatra, Amartha berencana untuk memperluas jangkauan hingga ke wilayah pulau Bangka Belitung, dan menjangkau wilayah Sulawesi Utara untuk wilayah timur Indonesia.

Sedangkan sektor usaha mikro kecil dan menangah (UMKM) yang lebih ditargetkan adalah sektor perdagangan karena pada sektor perdagangan ini terbukti lebih stabil dan tangguh meskipun pandemi Covid-19 belum juga usai.

Baca juga: Pendanaan Amartha Tumbuh Dua Kali Lipat Mencapai Rp2,5 Triliun di 2021

Taufan menambahkan, Amartha melihat peluang untuk menyalurkan pendanaan ke luar pulau Jawa masih terbuka lebar. Pihaknya pun membuka kesempatan bekerja sama dengan banyak pihak di berbagai daerah, untuk bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi dari desa, baik pihak institusi maupun para pendana ritel.

“Amartha optimis di tahun 2022 ini dapat lebih banyak menjangkau pelaku usaha mikro melalui layanan keuangan digital” tutup Taufan. Hal itu berdasarkan kinerja Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp2,5 triliun di periode 2021, atau tumbuh lebih dari 2 kali lipat  jika dibandingkan penyaluran pendanaan periode 2020 yakni sebesar Ro1,2 triliun.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 10, 2022, 7:39 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.