Tips Belanja Hemat dan Pintar di Tahun 2022

Tips Belanja Hemat dan Pintar di Tahun 2022

Perencanaan belanja di tengah pandemi seperti sekarang tentu jadi sangat penting karena kita memiliki pengeluaran tambahan untuk perlengkapan protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan lain-lain. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, pada tahun 2022 konsumen harus belajar untuk menjadi smart shopper dengan menghitung pengeluaran yang seksama.

Hal itu disampaikan Financial Planner Prita Ghozie dalam acara virtual press conference MR.DIY Indonesia, Rabu (19/1/2022). Menurutnya, memilih barang berkualitas tapi tetap terjangkau bisa dijadikan pilihan yang paling bijaksana karena selain hemat, konsumen mendapatkan produk berkualitas serta masih mempunyai sisa dana yang dapat disisihkan untuk kebutuhan lain.

Baca juga: Kepercayaan Berbelanja Online Mendorong Inovasi Pembayaran Digital

Dalam berbelanja kebutuhan, setiap keluarga juga harus cermat memilih barang sesuai kebutuhan. Berikut tips untuk keluarga Indonesia agar siap belanja hemat dan pintar di awal tahun 2022 ini menurut Prita Ghozie.

1. Selalu membuat anggaran rumah tangga agar pemasukan dan pengeluaran seimbang.

2. Berbelanja menggunakan checklist agar lebih terencana dan tidak ada pembelian yang tidak memiliki manfaat.

3. Menerapkan good money habit, yaitu mengutamakan manfaat dibandingkan harga murah semata. Dengan demikian, prioritasnya adalah mencari produk yang bermanfaat, berkualitas, lalu didukung oleh harga yang hemat.

Baca juga: Kelas Menengah Membentuk Tren Belanja Online di Indonesia

Pada kesempatan yang sama, keluarga aktris Darius Sinathrya dan Donna Agnesia mengakui hobi anak-anaknya berbeda-beda sehingga membutuhkan barang yang tidak sama pula. Keluarga harmonis ini selalu membeli berbagai kebutuhan tersebut di satu tempat.

“Toko serba ada yang menyediakan barang-barang berkualitas untuk seluruh anggota keluarga, sangat membantu dan memudahkan kami untuk memenuhi semua kebutuhan kami di satu tempat,” ungkap Darius mewakili keluarga Indonesia.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 21, 2022, 6:50 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.