Ini Aturan Vaksinasi Booster Covid-19 Menurut Badan POM

Ini Aturan Vaksinasi Booster Covid-19 Menurut Badan POM

Badan POM telah memberikan persetujuan pada lima vaksin Covid-19 yang dapat digunakan sebagai booster atau dosis lanjutan homolog (vaksin booster sama dengan vaksin primer) dan heterolog (vaksin booster berbeda dengan vaksin primer). Kelima vaksin itu adalah CoronaVac atau Vaksin COVID-19 Bio Farma, Comirnaty oleh Pfizer, AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac), Moderna, dan Zifivax.

Kepala Badan POM Penny K. Lukito mengatakan, pemberian vaksin booster atau dosis lanjutan yang akan dirancang oleh pemerintah dengan pemberian yang diutamakan untuk populasi yang berisiko tinggi yaitu lansia, tenaga kesehatan, dan kelompok individu yang memiliki masalah sistem imun atau kekebalan (immunocompromized).

“Badan POM mengapresiasi kontribusi dan dukungan dari berbagai pihak terkait. Badan POM bersama Kementerian Kesehatan, dan KOMNAS PP KIPI juga terus memantau keamanan vaksin yang digunakan di Indonesia dan menindaklanjuti isu setiap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi,” kata Penny dalam Konferensi Pers Vaksin COVID-19 Booster.

Baca juga: Mulai Hari ini, Vaksin Booster Covid-19 Diberikan Gratis

Aturan Vaksinasi Booster

Vaksin CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma sebagai booster atau dosis lanjutan homolog, diberikan sebanyak satu dosis minimal setelah enam bulan dari vaksinasi primer dosis lengkap Coronavac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma pada usia 18 tahun ke atas dengan peningkatan titer antibodi netralisasi hingga 21-35 kali setelah 28 hari pemberian booster atau dosis lanjutan pada subjek dewasa.

Selanjutnya untuk Vaksin Comirnaty dari Pfizer sebagai dosis lanjutan homolog dapat diberikan sebanyak satu dosis minimal setelah enam bulan dari vaksinasi primer dosis lengkap Comirnaty atau Pfizer pada usia 18 tahun ke atas, dengan peningkatan nilai titer antibodi netralisasi setelah satu bulan pemberian booster atau dosis lanjutan dibandingkan 28 hari setelah vaksinasi primer sebesar 3,29 kali.

Selain kedua vaksin tersebut, Badan POM juga telah melakukan evaluasi terhadap vaksin AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac), Moderna dan Zifivax. Ketiga vaksin ini telah mendapatkan rekomendasi untuk dapat digunakan sebagai booster atau dosis lanjutan karena telah memenuhi persyaratan khasiat dan keamanan dari Badan POM bersama Tim Ahli Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19.

Baca juga: Varian Covid-19 Omicron dan Dampaknya terhadap Ekonomi Indonesia

Vaksin AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac) sebagai booster homolog dapat diberikan sebanyak satu dosis minimal setelah enam bulan dari vaksinasi primer dosis lengkap AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac) pada usia 18 tahun ke atas, dengan peningkatan nilai rata-rata titer antibodi IgG setelah pemberian booster atau dosis lanjutan dari 1792 (sebelum pemberian booster atau dosis lanjutan) menjadi 3746.

Sedangkan pada Vaksin Moderna sebagai booster homolog dan heterolog (dengan vaksin primer AstraZeneca, Pfizer, atau Janssen) dengan dosis setengah (half dose) dapat diberikan pada usia 18 tahun ke atas.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai 14 Desember 2021

Penggunaan dilakukan sekurang-kurangnya enam bulan setelah mendapatkan dosis lengkap vaksinasi primer. Kenaikan respons imun antibodi netralisasi sebesar 12,99 kali setelah pemberian dosis booster homolog vaksin Moderna.

Terakhir, Vaksin Zifivax sebagai booster heterolog dengan full dose untuk usia 18 tahun atau lebih dapat diberikan sekurang-kurangnya enam bulan setelah mendapatkan dosis lengkap vaksinasi primer Sinovac atau Sinopharm.

Peningkatan titer antibodi netralisasi lebih dari 30 kali pada subjek yang telah mendapatkan dosis primer Sinovac atau Sinopharm. Hasil evaluasi dari aspek keamanan kelima vaksin booster atau dosis lanjutan tersebut menunjukan bahwa frekuensi, jenis, dan keparahan dari Kejadian Tidak Diinginkan (KTD) yang dilaporkan setelah pemberian booster umumnya bersifat ringan dan sedang.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 12, 2022, 7:48 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.