Bisnis BRIAPI Tumbuh Triple Digit Sepanjang 2021

Bisnis BRIAPI Tumbuh Triple Digit Sepanjang 2021

BRIAPI, Layanan open banking milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatatkan pertumbuhan triple digit di penghujung tahun 2021. Sepanjang tahun 2021, BRIAPI mencatatkan sales volume mencapai Rp174,5 triliun, atau bertumbuh 305,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, triple digit growth ini juga dicapai oleh BRIAPI dalam jumlah transaksi dan fee-based income (FBI). Hingga kuartal IV 2021, telah terjadi lebih dari 226 juta transaksi melalui BRIAPI, melonjak 156,8 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya, dan menghasilkan Rp45,6 miliar fee-based income.

BRIAPI merupakan teknologi Application Programming Interface (API) yang dikembangkan oleh BRI untuk menyederhanakan dan mempercepat proses integrasi produk dan layanan BRI dengan berbagai aplikasi front-end dengan lebih aman. Tujuannya untuk membuka gerbang kolaborasi dan mendukung pembangunan ekonomi digital Indonesia.

Baca juga: BRI Dominasi Pasar Valas Indonesia di Tengah Volatilitas Pasar Global

Direktur Digital dan Informasi Teknologi BRI Indra Utoyo menjelaskan, pencapaian tersebut merupakan buah dari hasil kerja keras rekan-rekan BRILiaN tenaga pemasar BRIAPI, serta kerja sama dengan seluruh mitra.

“BRIAPI kini telah menjangkau lebih dari 386 perusahaan mitra di seluruh Indonesia, baik perusahaan digital seperti e-commerce, fintech, ride hailing, API enabler, health tech, hingga perusahaan non digital seperti institusi pendidikan dan lembaga pemerintahan,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi kinerja kepada kantor cabang dan Kantor Wilayah BRI serta berbagai mitra pengguna BRIAPI, BRI memberikan apresiasi dalam BRIAPI Awards 2021. Penghargaan kepada mitra pengguna BRIAPI diberikan kepada Universitas Galuh Ciamis, atas capaiannya dalam penggunaan BRIAPI tertinggi selama tahun 2021.

Baca juga: Meneropong Masa Depan NFT sebagai Aset Digital pada 2022

Universitas Galuh Ciamis memanfaatkan beberapa produk API dari BRIAPI untuk penyediaan layanan akses pembayaran baik budget maupun non-budgeter, hingga pembayaran berbagai komponen biaya kuliah.

Penghargaan juga diberikan kepada kantor cabang dan kantor wilayah BRI dengan jumlah mitra terbanyak dengan nominasi Best Branch Office dan Best Regional Office BRIAPI 2021 Best Branch Office BRIAPI 2021 jatuh kepada Kantor Cabang Mall Ambassador, sedangkan Best Regional Office diberikan kepada Kantor Wilayah Jakarta 3.

Baca juga: Pasar Modal Indonesia Tumbuh Positif Sepanjang 2021

Selain itu, juga terdapat kategori baru yakni penghargaan untuk Best BRIAPI Marketer untuk mengapresiasi tenaga pemasar BRIAPI secara personal, yang diberikan kepada Taufik Sofiana, RM Dana Kantor Cabang Ciamis.

“Berbagai capaian ini merupakan wujud komitmen BRI dalam memberikan layanan perbankan digital terbaik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Diharapkan nantinya BRIAPI dapat turut memajukan perekonomian Indonesia melalui ekosistem digital yang mumpuni,” kata Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 4, 2022, 8:22 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.