BSI dan Brantas Abipraya Jalin Sinergi Kepemilikan Rumah Syariah

BSI dan Brantas Abipraya Jalin Sinergi Kepemilikan Rumah Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan PT Brantas Abipraya (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dan akad massal pembiayaan kepemilikan rumah melalui House Ownership Program for Employee.

Direktur Wholesale & Transaction Banking BSI, Kusman Yandi mengatakan pembiayaan untuk House Ownership Program for Employee ini tentunya melalui produk Griya Hasanah BSI. Seperti diketahui, produk Griya Hasanah dikenal menyasar nasabah yang menginginkan program kepemilikan rumah dengan prinsip syariah, harga kompetitif, dan proses yang cepat dan mudah.

“Harapannya pegawai PT Brantas Abipraya yang mengikuti program ini mendapatkan manfaat dan experience dari produk pembiayaan kepemilikan rumah syariah dari BSI,” ujar Kusman Yandi dalam keterangan resminya.

Baca juga: Ekspansi di Segmen Konsumer, BSI Pacu Pembiayaan Rumah Lewat Platform Digital

Kriteria nasabah yang dapat mengikuti program tersebut di antaranya adalah warga negara Indonesia (WNI) yang cakap hukum, usia minimal 21 tahun pada saat pengajuan pembiayaan dan maksimal 58 tahun pada saat jatuh tempo pembiayaan.

BSI memberikan berbagai benefit yang bisa diperoleh nasabah yang mengikuti program ini yaitu plafon pembiayaan maksimal Rp10 miliar atau sesuai perhitungan, uang muka minimal nol persen atau sesuai ketentuan Bank Indonesia, jangka waktu pembiayaan maksimal 20 tahun, bebas biaya appraisal untuk pembiayaan sampai dengan Rp1,5 miliar. 

Akad massal melalui kerja sama dengan PT Brantas Abipraya (Persero) melibatkan sebanyak 99 karyawan. Nilai pembiayaan masing- masing karyawan berkisar sebesar Rp400 juta hingga Rp500 juta sesuai harga unit rumah yang akan diambil.

Baca juga: Rumah.com: Harga dan Suplai Hunian Masih Tetap Naik

“Kami berharap pembiayaan pemilikan rumah melalui House Ownership Program for Employee ini menjadi salah satu cara memasyarakatkan pembiayaan berbasis syariah. Juga tentunya memperluas penetrasi produk Griya Hasanah yang memang memiliki banyak keunggulan bagi nasabah,” kata Kusman Yandi.

Adapun hingga akhir kuartal III 2021, BSI telah menyalurkan pembiayaan produk Griya Hasanah (KPR) mencapai Rp40 triliun. Pencapaian itu naik sekitar 10,40 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020, dan didominasi oleh pembelian rumah baru.

Baca juga: Mendesain Isi Rumah Kece ala BiasalahAnakMuda

BSI saat ini berada pada posisi kelima terbesar secara nasional sebagai bank penyalur pembiayaan rumah. Mayoritas penyaluran pembiayaan rumah oleh BSI didominasi di Pulau Jawa (68 persen) dan di luar pulau jawa (32 persen).

Untuk memperdalam penetrasinya, BSI Griya Hasanah telah menggandeng lebih dari 4.000 developer terkemuka berskala nasional di antaranya Ciputra, Jaya Properti, Alam Sutra, Metland, MAS Group, dan lainnya. Melalui kerja sama ini, BSI dan para developer siap memberikan berbagai pilihan hunian sesuai prinsip syariah dan kebutuhan nasabah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 27, 2021, 9:17 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.