DANA Siap Implementasi SNAP Mulai Juni 2022

DANA Siap Implementasi SNAP Mulai Juni 2022

Dompet digital DANA mendukung dan siap menjadi pionir dalam pengimplementasian Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang dicanangkan Bank Indonesia (BI)  melalui Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

DANA memandang SNAP bukan saja menciptakan sistem pembayaran yang efisien, efektif dan aman bagi masyarakat, tapi juga membuka peluang kolaborasi yang lebih luas bagi industri guna meningkatkan inklusi keuangan. 

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengungkapkan, selain menjadi anggota dalam Working Group Nasional Open API, DANA juga turut terlibat dalam perumusan pedoman teknis dan tata kelola Open API.

Baca juga:BI Terbitkan Standardisasi Penyelenggaraan Sistem Pembayaran

“Oleh karena itu, DANA merupakan first mover yang akan menerapkan SNAP bersama denga first movers lainnya pada Juni 2022. Ini adalah bentuk dukungan kami untuk menciptakan sistem pembayaran yang efisien, efektif, aman dan andal sebagaimana digariskan BI lewat peluncuran SNAP,” ungkapnya.

Sebelumnya, DANA juga udah mengimplementasikan fitur QRIS baik untuk MPM (merchant presented mode), CPM (customer presented mode), TTM (tanpa tatap muka), TTS (transfer, Tarik, setor) dan Cross Border.  DANA juga telah menyusun strategi dan timeline integrasi dengan sejumlah pihak untuk implementasi SNAP di 2022, di antaranya dengan BRI, BCA dan Bukalapak.

Dengan menerapkan standar keamanan praktik layanan Open API yang telah merata serta sistem yang lebih andal, secara jangka panjang DANA turut memberikan dampak dalam memperluas akses layanan keuangan, mengintegrasikan berbagai layanan perbankan, memudahkan pengelolaan keuangan, dan meningkatkan keamanan nasabah.

Baca juga: DANA Catat Pertumbuhan DANA Bisnis dan QRIS Capai 125 Persen

SNAP diliuncurkan BI sebagai standar nasional untuk menyeragamkan bahasa, protokol, instruksi dan lain sebagainya yang memfasilitasi interkoneksi antar-aplikasi sehingga mampu mendorong percepatan pelaku sistem pembayaran dalam melakukan kerja sama digital dan mampu menekan biaya transaksi konsumen.

SNAP akan mendorong integrasi, interkoneksi, dan interoperabilitas, sehingga meningkatkan efisiensi sekaligus interlinkage antara penyedia jasa pembayaran (PJP) bank dan PJP non-bank, maupun pelaku ekonomi digital lainnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 23, 2021, 8:12 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.