Bukti Nyata Peran Perempuan dalam Ekonomi Pedesaan

Bukti Nyata Peran Perempuan dalam Ekonomi Pedesaan

Selamat Hari Ibu. Di hari ini, tepat 22 Desember menjadi hari yang istimewa bagi seorang ibu. Sebagian besar anak di Indonesia akan memberikan ucapan selamat Hari Ibu, baik secara langsung atau menulis status di media sosial.

Peran seorang ibu sangat luas, bukan hanya sebagai pendamping hidup pasangannya dan membesarkan anak-anaknya, ibu atau secara lebih luas lagi adalah perempuan juga punya kemampuan yang sama dengan kaum laki-laki.

Perempuan punya potensi besar sebagai sosok yang mampu menjadi penggerak roda ekonomi. Hal itu dibuktikan dengan hasil riset dari PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berfokus pada pemberdayaan perempuan pedesaan melalui akses permodalan.

Baca juga: Belajar Keuangan dari Ibu, Sang Manajer Keuangan Keluarga

“Riset (Sustainability & Accountability Report Amartha) yang kami lakukan juga membuktikan bahwa perempuan mampu berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi daerah sekitar ia tinggal dan turut menyejahterakan keluarga, dengan adanya intervensi dari fintech seperti Amartha,” kata Head of Sustainability Amartha Katrina Inandia dalam siaran persnya, Selasa (21/12/2021).

Dalam paparan , Amartha mencatat sebanyak 97,9 persen ibu mitra binaan mampu menyekolahkan anak-anaknya setelah bergabung di Amartha. Anak perempuannya pun berkesempatan lebih besar untuk mengenyam pendidikan yang setara dengan anak laki-laki.

Selain adanya peningkatan pendidikan bagi anak-anak di pedesaan, ibu mitra Amartha juga berhasil menciptakan lapangan kerja informal di desanya. Sebanyak 87.000 pekerjaan informal berhasil terserap dan 75 persen pekerja tersebut merupakan perempuan, sehingga dampaknya berlipat ganda.

Baca juga: 5 Alasan Wanita Sebaiknya Memiliki Penghasilan Sendiri

Diakui Katrina, kondisi pandemi menjadi tantangan yang cukup berat memukul sektor UMKM. Namun berkat pembinaan, para Ibu mitra tetap dapat meningkatkan pendapatannya. Amartha mencatatkan, dalam kondisi pandemi, mitra binaan tetap mengalami peningkatan penghasilan sebesar 10 persen. Di waktu normal, mitra binaan Amartha dapat meningkatkan pendapatannya dari 200 persen hingga 700 persen dalam satu tahun.

Peningkatan pendapatan di kalangan perempuan terbukti mampu mengubah banyak hal dalam hidup perempuan. Riset Amartha menemukan bukti bahwa perempuan yang berpenghasilan lebih percaya diri untuk menghadiri kegiatan sosial.

Perempuan juga tidak menikmati sendiri penghasilannya, karena sebagian besar pendapatan disalurkan untuk kepentingan keluarga, seperti merenovasi rumah, memenuhi kebutuhan anak, dan membantu suami untuk lebih sejahtera.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 22, 2021, 9:10 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.