Plus Minus Menggunakan PayLater di E-commerce

Plus Minus Menggunakan PayLater di E-commerce

Bagi Anda yang suka belanja online, tentu mengenal salah satu fitur PayLater yang banyak disematkan di platform e-commerce. PayLater atau skema bayar tunda mulai meluas digunakan sebagai salah satu metode pembayaran e-commerce.

Cara kerja PayLater ini sebenarnya hampir serupa dengan kartu kredit. Transaksi belanja online Anda akan ditalangi lebih dahulu dan pelunasannya bisa dilakukan dengan cara mencicil atau sekali bayar di waktu yang telah ditentukan.

PayLater bisa digunakan Mulai dari pemesanan makanan dan minuman, barang, tiket dan akomodasi, pemesanan transportasi hingga beberapa produk e-wallet. Tidak hanya memudahkan, PayLater juga bisa menjadi penyelamat saat urgent seperti kebutuhan mendesak saat belum gajian atau lupa membawa uang tunai.

Baca juga: Mengenal Aplikasi PayLater, Pinjam Dulu Bayar Cicilan Kemudian

Salah satu yang menarik adalah PayLater menawarkan banyak promo seperti cashback hingga potongan harga. Namun, di balik tawaran menarik tersebut, Anda tetap harus bisa menggunakannya secara bijak.

Keuntungan PayLater

PayLater memang memberikan banyak keuntungan saat berbelanja online. Anda bisa membeli apapun tanpa harus mengeluarkan uang di awal. Hanya dengan menyentuh smartphone, Anda bisa membeli barang yang diinginkan dan membayar sesuai dengan tanggal jatuh temponya.

Kemudahan lain dari PayLater adalah proses pendaftaran yang mudah dan cepat. Jika dibandingkan dengan pengajuan pembuatan kartu kredit bank, PayLater relatif lebih mudah tanpa harus menunggu lama menerima kartu atau masa aktif.

Baca juga: Riset Digibank: Milenial Ingin Pengeluaran Kartu Kredit Terkendali

Kekurangan Pay Later

Di balik keuntungan yang ditawarkan, ternyata PayLater juga punya sisi kekurangan. Jika Anda termasuk orang yang disiplin dalam menggunakan uang, PayLater bisa membuat Anda lebih boros. Pasalnya, Anda bisa tergoda menggunakan PayLater secara terus menerus sampai batas limitnya.

Hal itu akan membuat keuangan Anda menjadi tidak seimbang. Pay Later bisa menjadi pemicu masalah keuangan karena jeratan cicilan yang menumpuk dan terlampau berat untuk dilunasi. Oleh karena itu, boleh-boleh saja menggunakan PayLater, tapi ingat tetap bijak dalam menggunakannya.

Baca juga: Mengenal Sinking Fund, Dana Persiapan untuk Kebutuhan Masa Mendatang

Bijak Menggunakan PayLater

PayLater itu ibarat dua sisi mata uang, ada sisi menguntungkan dan sisi merugikan. Semua itu tergantung pada cara Anda menggunakannya. Jika dilakukan secara bijak, maka akan banyak manfaat yang Anda dapatkan. Sebaliknya, PayLater bisa menjadi lubang utang baru jika tidak terkontrol penggunaannya.

Agar manfaat PayLater bisa lebih optimal dan terhindar dari dampak buruknya, gunakan fitur keuangan ini bijak, seperlunya, dan bermanfaat. Pastikan nilai pinjaman sesuai dengan kemampuan kita untuk membayar. Pahami juga aturan mengenai jatuh tempo dan denda yang ditetapkan. Segera lunasi dana pinjaman sesuai tanggal jatuh tempo agar tagihan tidak membengkak.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 8, 2021, 8:40 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.