Mengenal Sinking Fund, Dana Persiapan untuk Kebutuhan Masa Mendatang

Mengenal Sinking Fund, Dana Persiapan untuk Kebutuhan Masa Mendatang

Pernah dengar istilah sinking fund? Istilah ini merujuk pada suatu saluran dana yang biasanya masuk dalam perencanaan keuangan. Sinking fund merupakan bentuk perencanaan keuangan yang matang karena disiapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

Sayangnya, banyak orang yang belum memahami pentingnya sinking fund ini. Padahal sinking fund adalah salah satu aspek yang tidak boleh terlewatkan dalam perencanaan keuangan. Dengan menerapkan sinking fund, maka Anda bisa memiliki kesiapan finansial untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

Apa itu Sinking Fund?

Secara umum, sinking fund diartikan sebagai dana khusus yang disisihkan untuk pengeluaran di masa mendatang, dan penempatannya terpisah dari tabungan. Ada dua konteks pengertian sinking fund, yaitu sebagai dana darurat dan sinking fund apartemen. Keduanya memiliki fungsi dan tujuan simpanan yang berbeda. 

Baca juga: Mencapai Financial Freedom dengan Perencanaan Keuangan Tepat

Fungsi dari sinking fund bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang terencana. Misalnya, membeli atau memperbaiki rumah, membeli kendaraan, membeli laptop, biaya pendidikan, atau untuk biaya liburan.

Biasanya, sinking fund ditempatkan dalam tabungan yang berbeda, yang memang sengaja dikhususkan untuk tujuan terencana. Sehingga dana yang sengaja dikumpulkan bukan digunakan sebagai dana cadangan atau dana darurat

Manfaat Sinking Fund

Dengan adanya Sinking fund, kondisi keuangan Anda bisa menjadi terencana dan sehat. Pengeluaran di masa mendatang sudah direncanakan sedari awal. Apalagi jika jumlah pengeluaran yang direncanakan itu dalam jumlah besar.

Baca juga: 5 Mitos Perencanaan Keuangan yang Sering Dipercaya

Bagaimana caranya? Banyak cara dalam menerapkan sinking fund ini. Salah satu cara simpelnya, Anda bisa melakukan dengan menyisihkan uang sedikit demi sedikit, sampai tercapai sejumlah uang yang dibutuhkan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Selain itu, sinking fund juga akan membantu Anda dalam mewujudkan mimpi besar Anda. Sinking fund juga akan sangat membantu Anda dalam membiayai berbagai keperluan sampingan yang tidak pernah masuk di dalam anggaran bulanan Anda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 7, 2021, 1:52 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.