IFG Life Siap Terima 300 Ribu Transfer Polis Restrukturisasi Jiwasraya

IFG Life Siap Terima 300 Ribu Transfer Polis Restrukturisasi Jiwasraya

Proses penyelamatan polis Jiwasraya melalui program restrukturisasi akan mencapai tahap akhir, yaitu proses transfer menuju IFG Life. Proses penyelamatan dilakukan karena Jiwasraya tidak mampu memenuhi kewajiban kepada pemegang polis akibat tekanan likuiditas yang berdampak pada gagal bayar.

Restrukturisasi polis merupakan program penyelamatan polis Jiwasraya yang menjadi komitmen pemerintah dan manajemen baru Jiwasraya. Restrukturisasi merupakan solusi terbaik karena dapat meminimalisir potensi kerugian besar bagi para pemegang polis Jiwasraya. Hingga saat ini 98 persen pemegang polis Jiwasraya telah menyetujui program restrukturisasi.

Pemerintah melalui Indonesia Financial Group (IFG) telah menyetujui dan akan memberikan penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) Tunai senilai Rp20 triliun yang akan dikelola dengan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian.

Baca juga: Perkuat Permodalan, IFG Terima Dana PMN Rp20 Triliun

Program restrukturisasi polis Jiwasraya tersebut sesuai dengan Pasal 54 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi ini.

Pada Pasal 54 POJK tersebut disebutkan bahwa OJK dapat memerintahkan kepada perusahaan untuk melakukan pemindahan sebagian atau seluruh portofolio pertanggungan kepada perusahaan lain, ketika perusahaan tidak dapat memenuhi tingkat solvabilitas.

Pemegang polis yang telah menyetujui restrukturisasi per 30 Juni 2021 sebanyak 2.004 polis korporasi, 16.852 polis bancassurance, dan 158.833 polis ritel. Hasil pemeriksaan per 26 Oktober 2021 atas seluruh parameter terdapat 1.499 polis korporasi yang sudah memenuhi kriteria dan lengkap. Untuk polis bancassurance ada 15.175 polis dan 155.606 polis ritel yang sudah memenuhi kriteria dan lengkap.

Baca juga: Ini Sebab Gagal Bayar Polis Asuransi Jiwasraya

Sedangkan untuk sisa polis korporasi sebanyak 505 polis, polis bancassurance sebanyak 1.677 polis, dan polis retail sebanyak 3.227 polis masih terus dilakukan verifikasi dan validasi oleh tim Jiwasraya dan IFG Life. IFG Life akan menerima konfirmasi mengenai kelengkapan kriteria dari polis-polis tersebut dari Jiwasraya yang kemudian dapat dilakukan proses transfer kepada IFG Life.

“Saat ini, tim IFG Life terus bekerja sama dengan tim Jiwasraya untuk melakukan verifikasi dan validasi terhadap polis-polis yang sudah setuju untuk restrukturisasi agar pada saat proses transfer polis kepada IFG Life sudah memenuhi kriteria,” ujar Fadian Dwiantara, Pgs. Corporate Secretary IFG Life.

Sementara itu, tim internal IFG Life terus melakukan koordinasi agar pada saat proses transfer dilakukan dapat berjalan sesuai dengan rencana, sehingga IFG Life dapat melaksanakan kewajibannya yaitu membayar klaim para nasabah dan melanjutkan manfaat-manfaat dari polis yang nantinya dipindah ke IFG Life.

Baca juga: Lunasi Gagal Bayar Polis, Jiwasraya Jual Aset Citos

Fadian menambahkan, IFG Life siap menerima transfer polis. Namun demikian, masih ada beberapa proses governance yang harus dilakukan termasuk di antaranya perizinan. Segera setelah semua proses tersebut ditampungkan, maka migrasi sebanyak lebih dari 300 ribu polis dimulai.

Kemudian juga akan dilakukan verifikasi dan validasi untuk memastikan bahwa polis-polis tersebut telah memenuhi prasyarat untuk ditransfer. Selanjutnya, IFG Life akan mengumumkn proses transfer polis kepada para nasabah eks-Jiwasraya melalui berbagai platform komunikasi agar para nasabah dapat mengetahui status dari polis mereka.

“Kami juga meminta kepada para nasabah agar memahami proses pengalihan ini yang akan memerlukan beberapa waktu hingga kami bisa melakukan proses transfer dan melaksanakan kewajiban kami. Hal ini mengingat jumlah polis yang cukup banyak sehingga kami perlu melakukannya secara hati- hati dengan menjaga tata kelola dan manajemen risiko yang baik,” ucapnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 1, 2021, 11:38 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.