Melirik Berlian sebagai Investasi Sepanjang Masa

Melirik Berlian sebagai Investasi Sepanjang Masa

Berlian menjadi idaman yang ingin dimiliki oleh semua kaum hawa. Kilaunya yang memukau dan harganya yang fantastis bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang menggiurkan. Bahkan, banyak orang mengatakan bahwa nilai berlian mampu menyaingi emas.

Salah satu alasannya, berlian menjadi batu mulia yang punya sifat abadi. Meski sudah digunakan secara turun temurun, nilainya akan terus naik. Nilainya yang tinggi ini membuat banyak orang memilih berlian sebagai instrumen investasi.

Baca juga: Emas Digital, Cara Baru Berinvestasi Emas

Selain bisa dipakai sebagai perhiasan untuk menunjang penghasilan, berlian juga menarik untuk dijadikan investasi. Lantas, seperti apa keuntungan dari investasi berlian ini? Berikut beberapa keuntungan investasi berlian.

1. Tahan Inflasi

Salah satu yang membuat investasi ini cukup menggiurkan adalah sifatnya yang tahan dengan adanya inflasi. Jadi, ketika terjadi krisis keuangan atau krisis pasar, berlian bisa menjadi aset pelindung karena harganya akan tetap stabil. 

2. Nilainya Terus Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nilai berliat akan terus meroket meskipun sudah digunakan hingga bertahun-tahun hingga turun temurun. Nilai berliat bergantung dari kelangkaan jenisnya, bentuk modelnya, hingga tingginya peminat. Bentuk dari bingkai berlian dan rantai kalung yang mengelilingi berlian juga menjadi salah satu faktor yang membuat harganya terus meningkat. 

Baca juga: Menghitung Untung Rugi Investasi Emas

3. Harga Murni

Tahukah Sahabat? Pembelian berlian bebas dari kontrol pemerintah. Sehingga, harga berlian yang ada dipasaran merupakan harga murni yang dilihat berdasarkan kualitas berlian itu sendiri. Hal ini menjadi salah satu keuntungan investasi berlian. Tanpa adanya kontrol dari pemerintah, harga berlian akan ditentukan oleh pihak pembeli dan penjual tanpa ada standar tertentu dari pihak lain. 

4. Tidak Butuh Biaya Perawatan

Berlian tidak membutuhkan perawatan khusus untuk menyimpannya. Jadi, tidak perlu cemas untuk menyimpan berlian dalam waktu lama ditempat yang gelap dan lempan, karena fisik berlian akan tetap utuh. Hal ini karena berliat termasuk jenis batu mulia yang kuat, tahan banting, dan susah hancur.

Saat ini, peminat berlian terus mengalami peningkatan yang membuat harga berlian juga semakin naik. Anda bisa membeli berlian dari sekarang sebelum harga berliat meningkat tajam, sehingga keuntungan yang didapatkan juga jauh lebih besar.

Baca juga: Harga Emas Terus Naik, Ini 5 Tips Investasi Emas

5. Bersertifikat

Sebelum membeli berlian, pastikan Anda sudah memilih tempat terpercaya. Selain itu, berlian asli pasti memiliki sertifikat. Jadi, penting untuk mengecek sertifikat berlian untuk memastikan keasliannya sebelum membeli.

Untuk mengantisipasi membeli berlian palsu, pastikan berlian yang Anda beli bersertifikat. Anda juga bisa mengunjungi lembaga-lembaga yang mengeluarkan sertifikat berlian, seperti, GIA (Gemological Institute of America), AGS (American Gem Society), EGL (European Gemological Laboratory), IGI (International Gemological Institute, dan HRD (Hoge Raad voor Diamant).

Salah satu lembaga yang bisa dikunjungi adakah Pegadaian melalui Jasa Sertifikasi. Layanan ini merupakan adalah layanan jasa berupa pengujian terhadap sebuah batu mulia, emas dan perhiasan lainnya yang dilakukan oleh gemologis di laboratorium gemologi untuk mengetahui jenis, keaslian, kualitas dan spesifikasi-spesifikasi yang lain dibutuhkan dan untuk memberikan kepastian dan keyakinan kepada pemilik, penjual maupun pembeli.

Jasa Sertifikasi Pegadaian menyediakan layanan profesional untuk sertifikasi batu mulia dengan tenaga gemologis handal bersertifikat internasional dengan didukung peralatan yang modern, canggih dan mumpuni untuk menghasilkan pengujian yang presisi dan komprehensif.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 24, 2021, 9:52 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.