Fintech Komunal Jadi Jembatan BCA Fasilitasi Permodalan UMKM

Fintech Komunal Jadi Jembatan BCA Fasilitasi Permodalan UMKM

Sektor UMKM menjadi salah satu pilar penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia khususnya di masa pandemi. Mendukung kesejahteraan UMKM dalam pembiayaan, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menyepakati kerja sama dengan PT. Komunal Finansial Indonesia (Komunal) guna memberikan fasilitas pembiayaan yang dibutuhkan UMKM.

Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah mencermati kondisi pemulihan ekonomi Indonesia bersamaan dengan transformasi digital yang saat ini juga di dominasi oleh bisnis kecil yang dilakukan UMKM.

“Upaya ini dilakukan untuk memberikan dorongan semangat dan materi bagi pelaku UMKM untuk bersama memulihkan perekonomian. Bagian dari inisiatif digital BCA ini juga kian memperluas jangkauan pembiayaan ke debitur UMKM, jaringan bisnis, serta kolaborasi lainnya,” kata Elvriawati dalam keterangan resminya.

Baca juga: Rumah BUMN Jadi Wadah UMKM Naik Kelas

Adapun Komunal akan menjadi jembatan antara BCA dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis. Kerja sama yang terjalin ini akan membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis dengan limit kolaborasi yang disepakati senilai Rp15 milyar.

Elvriawati menambahkan, kerja sama ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp2 milyar dengan tenor pembiayaan selama maksimal tiga bulan.

Baca juga: Empat Kunci UMKM Menembus Pasar Global

Dalam pembiayaan UMKM, BCA mempunyai berbagai program, salah satunya adalah Disbursement of Digital Partnership. Hingga Oktober 2021, total Disbursement of Digital Partnership yang telah dibukukan oleh BCA mencapai Rp145,76 milyar dengan berbagai channeling.

“Dengan adanya kolaborasi dengan Komunal, kami berharap BCA dapat memperluas jaringan pembiayaan dan lebih strategis dalam menjangkau para pengusaha UMKM untuk memenuhi kebutuhan kredit usahanya supaya ke depannya para pengusaha UMKM Indonesia menjadi lebih maju dan bertumbuh secara bisnis,” tutup Elvriawati.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 23, 2021, 8:22 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.