Shopee Perluas Jangkauan dan Pemerataan Literasi Digital Usaha Lokal

Shopee Perluas Jangkauan dan Pemerataan Literasi Digital Usaha Lokal

Beberapa tahun terakhir, kehadiran produk lokal berkualitas menjadi semakin digemari yang juga disambut dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Indonesia dan di saat yang sama semakin banyak bisnis yang memutuskan untuk bergabung ke ranah digital bersama Shopee.

Dalam rangkaian kemeriahan kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini, Shopee bekerja sama dengan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) untuk memperkuat komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM guna menjangkau lebih banyak pelaku UMKM di berbagai daerah dan mendukung pemerataan literasi digital.

Produk olahan tangan yang dihadirkan oleh Binaan ASPPUK yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti tas rajut, kain tenun, aksesori dan camilan khas Indonesia, tidak hanya memiliki potensi yang kuat tetapi juga nilai budaya atau kultur lokal Indonesia.

Baca juga: Rumah BUMN Jadi Wadah UMKM Naik Kelas

Untuk memperkuat potensi produk serta mendukung semangat untuk mengembangkan bisnis, Shopee bersama ASPPUK akan menghadirkan pendampingan dan pelatihan. Materinya meliputi konsep bisnis dan cara berjualan online di platform Shopee hingga bagaimana memanfaatkan fitur pendukung serta pengenalan program ekspor di ranah digital. 

Direktur Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) Emmy Astuti mengatakan, tantangan utama yang dihadapi oleh dampingan ASPPUK yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia adalah minimnya literasi digital sehingga menghambat pengembangan bisnis usaha mikro.

Padahal, potensi dari produk olahan tangan yang dihasilkan sangat kuat, apalagi dengan nilai kultur lokal Indonesia yang melekat. Melalui kerja sama strategis ini, ASPPUK berharap Shopee dapat membuka peluang bagi para dampingan untuk mengembangkan bisnis mereka melalui pendampingan dan pelatihan keterampilan digital.

Baca juga: Shopee Siap Bawa UMKM Indonesia Naik Kelas

“Sehingga, tidak hanya menciptakan kemandirian dan kreativitas bisnis, para dampingan juga diharapkan dapat memanfaatkan fitur-fitur serta peluang yang dihadirkan oleh Shopee untuk memperluas jangkauan produk ke pasar yang lebih luas,” katanya.

Selain kolaborasi ini, Shopee juga telah menjalankan berbagai program dan inisiatif bagi para pelaku UMKM sebagai bagian penting dari keluarga besar Shopee. Beberapa di antaranya meliputi Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor yang telah hadir di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta serta yang akan segera hadir di Jawa Timur.

Baca juga: Empat Kunci UMKM Menembus Pasar Global

Kemudian ada Shopee Center yang menghadirkan sarana edukasi, pendampingan bisnis dan perangkat teknologi untuk percepatan digitalisasi UMKM pedesaan di Jawa Barat (Bandung) dan Jawa Tengah (Semarang).

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi produk lokal unggulan, Shopee juga menghadirkan fitur Shopee Pilih Lokal untuk mendorong dukungan pembeli terhadap brand dan UMKM lokal melalui promosi dan diskon menarik dan menjadi wadah bagi para pelaku usaha lokal untuk meningkatkan eksposur dalam ranah digital. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 18, 2021, 8:41 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.