Tips Menghindari Penipuan Call Centre Bank Palsu

Tips Menghindari Penipuan Call Centre Bank Palsu

Makin beragam saja modus penipuan perbankan sekarang ini. Salah satu yang cukup sering terjadi adalah penipuan berkedok call center bank palsu. Modus ini dilakukan dengan mengelabui nasabah untuk melakukan transaksi baik di ATM maupun di mobile banking. Penipuan call center palsu ini banyak menyasar ke nasabah yang kurang paham informasi tentang layanan call centre bank resmi.

Rata-rata dari mereka mengalami modus penipuan ini dengan berbagai pola seperti kartu ATM yang tertahan atau stuck dan tertelan di mesin ATM, penipuan berkedok untuk melakukan transaksi transfer melalui mobile banking, maupun modus mendapatkan undian berhadiah yang mewajibkan nasabah untuk melakukan transfer uang terlebih dahulu. 

Strategi modus penipuan secara umum yang perlu diketahui adalah penipuan yang mencantumkan nomor call centre palsu baik melalui modus membuat akun media sosial palsu maupun membuat website yang mengatasnamakan tentang call centre resmi suatu bank.

Baca juga: Waspada Kejahatan Siber Modus Rekayasa Sosial di Masa Pandemi

Cara kerjanya, penipu sengaja mengganjal di mulut ATM dengan biji plasti yang dimodifikasi sehingga mulut ATM dapat menahan kartu yang masuk. Dengan begitu, kartu ATM tidak bisa masuk secara full dan tidak bisa pula keluar karena terganjal.

Korban akan merasa panik dan kondisi inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku penipuan. Korban akan secara langsung menghubungi nomor call center palsu yang telah ditempel di mesin ATM. Kemudian, penipu yang berpura-pura sebagai orang dari pihak call center meminta data-data bank yang bersifat pribadi sebagai syarat pelaporan.

Data yang diminta antara lain nomor kartu ATM dan PIN ATM. Selepas korban pergi, penipu beraksi menguras semua uang di rekening korban dengan cara mentransfer ke rekening penampung hingga tarik tunai. Korban pun tersadar bahwa ia tertipu setelah uang di rekeningnya terkuras habis.

Baca juga: BI Terapkan 7 Prinsip Perlindungan Konsumen

Tips Menghindari Penipuan Call Center Palsu

Agar Anda terhindar dari penipuan call center bank palsu ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut tipsnya:

1. Cari tahu tentang informasi layanan call centre resmi baik melalui website resmi suatu bank maupun media sosial bank tersebut.

2. Jangan berikan data pribadi saat dihubungi oleh call centre palsu.

3. Bila sudah terjadi hubungi pihak bank terkait agar nomor rekening diblokir terlebih dahulu maupun lapor kejadian tersebut kepihak kepolisian terdekat.

4. Harap selalu waspada dan berhati-hati ketika transaksi di mesin ATM maupun mobile banking. Kejahatan bisa dihindari jika Sahabat senantiasa mawas diri dan selalu update dengan informasi perbankan terkini.

5. Bila mengalami kejadian janggal ketika di mesin ATM maupun transaksi aneh melalui mobile banking, segera laporkan ke petugas keamanan dan hindari melakukan transaksi di mesin ATM maupun mobile banking tersebut.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 17, 2021, 9:09 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.