Dikukuhkan Sebagai LAZNAS, BSMU Optimalkan Pengelolaan Zakat Nasional

Dikukuhkan Sebagai LAZNAS, BSMU Optimalkan Pengelolaan Zakat Nasional

Sebagai mitra Bank Syariah Indonesia (BSI), Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi penghimpunan dan pengelolaan dana zakat serta donasi sosial secara nasional.

Terlebih setelah Yayasan BSMU kembali mengukuhkan Yayasan BSMU sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) oleh Kementerian Agama RI. Sebelumnya, BSMU telah ditunjuk sebagai mitra UPZ-BSI dalam penyaluran dan pendayagunaan dana zakat yang dihimpun dari ekosistem BSI. 

Ketua Umum Pengurus Yayasan BSMU, Suhendar mengungkapkan pengukuhan kembali Yayasan BSMU sebagai LAZNAS ini akan menjadi semangat tersendiri bagi seluruh jajarannya dalam upaya terus mewujudkan dedikasi kepada umat melalui gerakan zakat di tanah air.

Baca juga: BSMU Bersama Gudangemas.com Siap Optimalkan Penghimpunan ZIS

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Agama RI atas kepercayaan kepada Yayasan BSMU yang kembali dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional,” kata Suhendar dalam keterangan resminya.

Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia menyampaikan, ke depannya BSI berharap Yayasan BSMU dapat menjadi mitra strategis dalam mengoptimalkan potensi dan penghimpunan dana ZISWAF dari masyarakat yang lebih luas, sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan memberikan kemaslahatan bagi umat.

Baca juga: BSI Dinobatkan Sebagai The Strongest Islamic Bank 2021

Sinergi BSI, BAZNAS, Yayasan BSMU serta pemerintah dan regulator diharapkan menjadi energi baru pembangunan ekonomi nasional serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas melalui instrumen ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf) dengan adanya kolaborasi dari seluruh stakeholders.  

BSI berharap bisa menjadi cerminan wajah perbankan Syariah di Indonesia yang modern, universal, dan memberikan kebaikan bagi segenap alam (rahmatan lil’alamiin). Hingga September 2021, BSI telah menyalurkan zakat perusahaan kepada BAZNAS senilai Rp72,48 miliar yang berfokus kepada 3 hal utama yaitu pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dan BSI Care. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 16, 2021, 8:42 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.