Rawat Perhiasan Emas dan Jaga Kelengkapan Suratnya

Rawat Perhiasan Emas dan Jaga Kelengkapan Suratnya

Jika ingin menggadaikan emas tanpa surat, Anda masih memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan harga terbaik, salah satunya dengan terus memantau harga emas. Jika harga emas terus mengalami kenaikan, maka itulah waktu yang tepat untuk menjual atau menggadaikan perhiasan emas.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan dalam menjual atau menggadaikan perhiasan emas. Untuk mendapatkan harga jual terbaik, perhiasan emas juga harus dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan surat atau sertifikatnya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar perhiasan emas tidak rusak atau patah. Kondisi perhiasan emas yang rusak atau patah akan mengalami penurunan harga saat dijual kembali. Pasalnya, toko emas akan membutuhkan biaya lebih untuk memperbaiki emas.

Baca juga: Apakah Perhiasan Emas Rusak dan Tanpa Surat Bisa Digadaikan?

Selain itu, kelengkapan surat atau sertifikat juga mempengaruhi nilai jual perhiasan emas. Sama seperti kondisi perhiasan yang rusak atau patah, emas yang tidak memiliki surat pembelian kemungkinan harga jualnya sangat rendah.

Kelengkapan surat perhiasan emas sendiri memuat penjelasan nama perhiasan itu sendiri, berat, dan kadar yang bisa menjamin jika suatu saat melakukan jual beli atau gadai, perhiasan emas tersebut tetap memiliki nilai yang semestinya atau stabil.

Baca juga: Hati-hati Jangan Tertipu, Ini Ciri-Ciri Emas Palsu

Bagaimana caranya agar perhiasan emas tidak rusak atau patah? Tentunya perhiasan emas itu harus disimpan dengan baik dan benar jika sedang tidak digunakan. Pastikan perhiasan disimpan di dalam kotak khusus perhiasan dan letakkan sesuai jenisnya.

Kemudian, jangan pernah menumpuk atau dijadikan satu karena emas akan saling menempel dan akan membuat warnanya pudar. Perhiasan emas berbetuk rantau yang tipis akan rawan terbelit dan bisa menyebabkan patah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 11, 2021, 9:04 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.