YBSMU Luncurkan Program 10Ribu untuk Sejuta Kebaikan

YBSMU Luncurkan Program 10Ribu untuk Sejuta Kebaikan

Sebagai mitra strategis Bank Syariah Indonesia (BSI), Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (YBSMU) meluncurkan program 10ribu untuk Sejuta Kebaikan pada kuartal IV 2021. Melalui program ini, masyarakat dapat berdonasi hanya dengan Rp10 ribu atau lenih untuk dapat ikut berperan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

Direktur Marketing & Communication Yayasan BSMU Risyad Iskandar berharap program 10ribu untuk Sejuta Kebaikan ini bisa memaksimalkan penghimpunan zakat, infaq, dan wakaf di Yayasan BSMU. “Program ini sekaligus menjadi sarana literasi dan edukasi masyarakat terkait pentingnya ZISWAF,” kata Risyad, Kamis (21/10/2021).

Delapan program unggulan ini di antaranya Zakat Orang Tua Asuh, Infak Peduli Masjid, Infaq Beras untuk Santri, infaq Bantuan Covid-19; Infaq Kemanusiaan; Wakaf Uang Produktif, Wakaf Ambulance, dan Wakaf Pembangunan Masjid. Sampai September 2021, realisasi penyaluran zakat, infaq dan dana sosial Yayasan BSMU sebesar Rp48 miliar.

Baca juga: Laznas BSMU Tingkatkan Literasi Syariah ke Milenial

Untuk program Zakat, Yayasan BSMU mempunyai campaign Orang Tua Asuh. Zakat yang terkumpul akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan pembinaan bagi bagi siswa-siswi binaan melalui program Sahabat Pelajar Indonesia (SPI).

Selain itu, dana zakat yang terkumpul akan digunakan untuk membina dan melatih mahasiswa menjadi wirausahawan muda yang memiliki kepedulian sosial melalui Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP). Saat ini jumlah penerima manfaat program ISDP adalah sebanyak 130 mahasiswa dari 7 kampus di Indonesia.

Sedangkan untuk Infak total ada empat campaign yaitu Peduli Masjid, Beras untuk Santri, Bantuan Covid-19 dan Infaq Kemanusiaan. Infaq Peduli Masjid akan digunakan selain pembangunan masjid juga untuk pemeliharaan dan penyediaan fasilitas masjid. Infaq Peduli Masjid akan digunakan untuk pembangunan, renovasi, dan fasilitas masjid atau musholla yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk Infaq Beras untuk Santri, akan digunakan untuk menyediakan beras berkualitas kepada penghafal atau Tahfidz Al Quran di Rumah Tahfidz Quran di Parung Bogor, Cimahi dan  rumah belajar Al Quran di Tangerang. Beras ini berasal dari para petani binaan Desa Berdaya Sejahtera Indonesia (Desa BSI) yang berada di Lampung Tengah.

Ada juga Infaq Bantuan Covid-19 yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi. Bantuan yang diberikan akan digunakan dalam kegiatan penanganan Covid-19 diantaranya pengadaan alat kesehatan, pembuatan sentra vaksinasi untuk masyarakat umum dan bantuan sembako bagi dhuafa yang terdampak.

Baca juga: BSI Optimalkan Pengelolaan ZISWAF yang Reliable dan Transparan

Untuk Infaq Kemanusiaan akan digunakan untuk pengadaan bantuan medis dan pangan yang menjadi kebutuhan primer para penyintas bencana. Bantuan medis dan pangan menjadi kebutuhan primer para penyintas bencana.

Terkait program Wakaf ada Wakaf Uang Produktif, Wakaf Ambulance, dan Wakaf Pembangunan Masjid. Wakaf Uang Produktif akan digunakan untuk pengoptimalan  perekonomian desa melalui Pertanian Kopi dan Desa Berdaya Sejahtera Indonesia (Desa BSI) yang  ada di Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Wakaf Ambulance digunakan untuk pengadaan ambulance dan ditujukan untuk bantuan kebencanaan, layanan kesehatan, dan pelayanan pemulasaraan jenazah bagi masyarakat umum. Sedangkan Wakaf Pembangunan Masjid, digunakan untuk mensukseskan pembangunan masjid-masjid yang juga berkolaborasi dengan BSI. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 22, 2021, 8:42 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.