realme UI 3.0 Berbasis Android 12 Resmi Dirilis

realme UI 3.0 Berbasis Android 12 Resmi Dirilis

realme resmi merilis sistem antarmuka smartphone terbarunya yaitu realme UI 3.0. Versi terbaru ini menghadirkan banyak fitur terbaru yang dikembangkan dari Android 12 dan meneruskan konsep produk Seamless Fun, dengan peningkatan dalam desain antarmuka, fluiditas, personalisasi, keamanan, dan sisi fungsionalitas.

Palson Yi selaku Direktur Marketing realme Indonesia mengatakan, realme UI 3.0 mengusung slogan ‘Seamless Fun’ yang menawarkan performa desain fluid spasial. Sebagai tech trendsetter, realme menyesuaikan kebutuhan anak muda dengan menciptakan versi UI terbaru ini.

Baca juga: Menikmati Sensasi Rasa Kopi Nusantara di Filosofi Kopi Pos Bloc

Desain Antarmuka Fluid Space

Berbeda dengan kakaknya, realme UI 2.0, desain realme UI 3.0 semakin ekspresif, layout yang lebih teratur, dan pengalaman antarmuka secara keseluruhan lebih fluid atau lancar.Yang pertama terlihat ketika pengguna meng-upgrade ke versi realme UI 3.0 adalah, icon antarmuka sepenuhnya semakin fresh dengan desain baru 3D.

Garis outline tebal, dan tampilan semitransparan yang digunakan untuk memberikan kesan lebih muda. Dibandingkan realme UI 2.0, seluruh desain icon lebih hidup dan pilihan warna ditambahkan lebih banyak lagi sehingga cocok dengan beragam karakter anak muda.

Tidak hanya itu, realme UI 3.0 memilih layout yang memberikan kesan spasial untuk tampilan lebih luas agar terlihat tidak terlalu padat. Selain itu, ukuran font dan simbol serta kontras teks juga telah di-upgrade lebih dinamis untuk menghasilkan visual yang semakin nyaman dilihat oleh pengguna.

Baca juga: Berlibur Lebih Dekat dengan Alam Bersama Bobocabin

Personalisasi Tema Sesuai Keinginan dan Karakter Pengguna

realme UI selalu menawarkan banyak personalisasi, yang memberikan kebebasan para penggunanya untuk membuat pola always-on display (AOD) sesuai keinginan. Mulai dari ikon, latar belakang, font, dan elemen lainnya semuanya dapat disesuaikan agar sesuai dengan karakter pengguna. 

realme UI 3.0 mendukung kustomisasi warna tema global, dimana pengguna dapat memilih salah satu warna favorit mereka sebagai warna tema AOD yang telah ditingkatkan. Pengguna juga dapat mengunggah foto mereka, dan menikmati desain AOD yang unik dan semakin personal.

Menariknya, realmeow, maskot dari realme hadir di realmeow on Display dengan beragam pilihan sesuai selera pengguna. Cukup pilih salah satu yang paling menarik, dan pengguna dapat menikmati tampilan display sesuai gaya AOD yang serba baru.

Selain itu, realme UI 3.0 juga menyediakan berbagai Omoji yang bisa mengekspresikan banyak hal, seperti hantu, makanan, objek dari kehidupan sehari-hari, dan semua yang dapat mewakilkan mood pengguna. realme UI 3.0 memiliki beberapa wallpaper dinamis yang anyar untuk perangkat tertentu, sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman visual baru.

Baca juga: 5 Tren Liburan Mulai dari Road Trip hingga Staycation di Alam

Fluiditas Atraktif dan Fungsionalitas yang Efisien

Menurut penelitian tim realme, sebagian besar pengguna merasa puas dengan pengalaman realme UI 2.0 yang lancar. Menariknya, pengalaman antarmuka telah ditingkatkan lebih lanjut di realme UI 3.0.

Teknologi AI Smooth Engine disematkan di realme UI 3.0, memberikan pengalaman lebih ringan serta cepat yang menambahkan kelancaran menyeluruh dan mengurangi konsumsi daya dalam pemakaian normal.

Penggunaan memori ditingkatkan, fragmentasi memori diminimalkan, dan berbagai program diluncurkan secara cerdas berkat kompresi memori AI dan penjadwalan sumber daya terpadu. Ini mengurangi penggunaan memori sebesar 30 persen, meningkatkan kinerja peluncuran aplikasi secara keseluruhan sebesar 10 persen, dan meningkatkan masa pakai baterai sebesar 12 persen.